Ukuran Kertas A3 Dalam Berbagai Satuan Ukuran mm, cm, inchi, & Pixel

  • Share

CHIP.CO.ID – Ketika berada di rental fotocopy atau yang lain, pasti kamu menemukan ukuran kertas yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan ukuran kertas memiliki fungsi tersendiri. Misalnya seperti ukuran kertas a3 yang sering digunakan di industri kesenian atau perkantoran. Ragam dari jenis kertas ini juga cukup banyak, sehingga banyak sekali yang mencarinya.

Kemudian untuk mengetahui ukuran kertas yang dijual di pasaran, banyak sekali jenisnya termasuk dengan ukuran 3A.  Kamu semua bisa melihat ukuran dari kertas a3 di bawah ini. Sebenarnya berbagai macam ukuran kertas tersebut memiliki manfaat yang berbeda-beda. Namun yang jelas, semua ukuran kertas tersebut banyak tersedia di pasaran.

Bagaimana, kalian tertarik dengan standar kertas A3. Maka dari itu, simak saja ulasan lebih lengkap mengenai kertas tersebut dan bisa digunakan di sejumlah perangkat. Berikut merupakan ulasan lebih lengkap di bawah ini :

Ukuran Kertas A3 (Inci, Cm, dan Mm)

Pada dasarnya, sebuah ukuran kertas memiliki ukuran yang pakem. Sehingga ukuran tersebut tak bisa kamu ubah sesuai keinginan, termasuk dengan kertas a3. Kemudian, ukuran dari sebuah kertas sendiri juga bervariasi, jadi setiap kertas memiliki ukuran sendiri.

Sebenarnya, kertas a3 mempunyai ukuran tersendiri. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui lebih lengkap. Di bawah ini merupakan ukuran dari variasi a3, diantaranya adalah :

Ukuran sesuai inci

Biasanya, ukuran kertas standar internasional menggunakan format inci. Kertas ukuran A3 tersebut apabila dikonversi menjadi inci, ukurannya menjadi 11.69 x 16,54 inci. Nah untuk membuktikannya ukuran kertas tersebut, kamu bisa menggiunakn penggaris dengan akurasi tinggi. Lalu, kamu ukur panjang lebarnya dan buktikan apakah sudah sesuai atau tidak.

Ukuran sesuai cm

Kemudian pada ukuran selanjutnya menggunakan format cm. Ukuran ini banyak sekali digunakan di Indonesia atau sejumlah negara di Asia. Jika kertas A3 dikonversi ke cm, maka ukuran panjang dan lebarnya menjadi 29,7 x 42,0 cm. Ukuran kertas ini memang cukup besar, bahkan jika kamu bagi menjadi dua maka hasilnya adalah kertas ukuran a4.

Ukuran sesuai mm

Sedangkan dengan ukuran yang terakhir adalah format mm. Ukuran ini digunakan khusus pada komputer atau media yang mempunyai akurasi tinggi yang lain. Kemudian jika ukuran a3 dikonversi menjadi mm, ukuran panjang lebarnya menjadi 297 x 420 mm.

Tabel Ukuran Kertas A3 (Piksel)

Lalu pada ukuran yang digunakan pada aplikasi seperti Photoshop atau yang lain, kertas a3 memiliki standar yang berbeda-beda. Apabila dikonversi menjadi ukuran seperti di bawah ini, diantaranya adalah :

Ukuran A3 Panjang Lebar
A3 – 72 PPI 842 1191
A3 – 200 PPI 2339 3308
A3 – 300 PPI 3508 4962
A3 – 400 PPI 4677 6616
A3 – 600 PPI 7016 9924
A3 – 1200 PPI 14031 19848

 

Kertas A3 Plus

Ternyata tidak hanya kertas a3 saja, melainkan masih ada kertas a3 plus. Kedua kertas ini mempunyai perbedaan, mulai dari ukuran hingga penggunaan. Perbedaan ukuran dari kedua kertas ini sebenarnya tak terlalu mencolok, namun penggunaan dari kedua kertas ini sedikit berbeda. Hal ini dikarenakan terdapat selisih yang berada di bagian tepi dan bisa dimanfaatkan untuk border.

Kemudian ukuran dari a3 plus tersebut adalah 48,3 x 32 cm. Lalu jika diubah menjadi format ukuran inci adalah 12 x 19.17 inci. Kertas pada ukuran ini kerap ditemui pada percetakan besar, bahkan juga ada standar ISO yang ada pada kertas ini. Sehingga, kertas a3 Plus ini memiliki ukuran yang sama antara di Indonesia dengan negara di dunia ini.

Jenis Kertas A3 di Pasaran

Setelah kamu mengetahui ukuran kertas tersebut, maka kamu juga perlu mengetahui jenis kertas a3 yang biasa ditemui di pasaran. Sebab jenis kertas a3 ini tidak hanya satu saja, melainkan terdapat banyak varian dan kamu bisa menyesuaikan sesuai dengan keinginanmu. Di bawah ini merupakan jenis dari kertas A3, diantaranya adalah :

  • Kertas A3 Ivory
  • Kertas A3 HVS
  • Kertas A3 Samson Kraft
  • Kertas A3 Art Paper
  • Kertas A3 Karton

Kegunaan Kertas A3

Kemudian ukuran a3 sendiri banyak digunakan pada sejumlah aktivitas yang berbeda-beda. Namun biasanya, jenis kertas tersebut menentukan manfaat dari kertas itu sendiri. Berikut manfaat dari kertas a3 :

  • Kertas untuk Media Seni
  • Kertas untuk Promosi
  • Kertas untuk Membuat Desain
  • Kertas Media Cetak Foto

Akhir Kata

Seperti yang sudah disebutkan di atas tadi, bahwasannya ukuran kertas a3 sangat spesifik. Sehingga kertas a3 tersebut bisa digunakan berbagai kebutuhan. Kemudian jenis kertas ini juga sangat beragam, jadi mempunyai manfaat dan kegunaan yang berbeda-beda. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *