Ini Cara Mengatasi Error Unable to Verify di Update iOS 9.3

0
109
Update iOS 9.3

CHIP.co.id Update iOS 9.3 – Belum lama ini Apple merilis update terkini dari iOS andalannya ke iOS 9.3. Update ini menambahkan feature Night Shift dan perbaikan sekuriti. Namun, ada banyak orang yang mengeluh mendapatkan error “Unable to Verify” saat mengupdate ke iOS 9.3. Ini cara mengatasinya.

Apple terkenal karena ekosistem-nya yang mudah digunakan dan selalu diperbarui. Begitu juga dengan sistem operasi buatan mereka yang konon sudah diadaptasi sampai dengan 80% pengguna iPhone di seluruh dunia. Tingginya angka orang yang mengupdate ke iOS terbaru Apple tersebut bisa jadi akibat mudahnya prosedur untuk mengupdate sistem operasi masing-masing pengguna iPhone. Namun, ketika iOS kembali diperbarui dengan rilisnya update ke versi 9.3 ada beberapa orang yang mendapati error bertuliskan “Unable to verify update”. Yang kemudian disambung dengan kata-kata karena kita tidak tersambung ke Internet. Padahal kita yakin bahwa kita sudah tersambung ke Internet. Dan setelah mencoba berkali-kali, error tersebut selalu muncul.

Sebenarnya, error seperti ini bukanlah sesuatu yang baru. Pada update versi-versi sebelumnya error seperti ini juga pernah muncul. Error ini umumnya terjadi akibat adanya kegagalan saat data yang berisikan update versi terbaru dikirimkan ke perangkat kita. Masalah yang sederhana, namun Apple masih belum bisa mengatasinya dengan bahasa yang lebih jelas sehingga error ini kerap kali membuat bingung banyak orang.

Untungnya, cara untuk mengatasi masalah ini pun juga belum berubah. Meskipun ada beberapa penyebab kegagalan transfer data tersebut, sehingga mungkin solusi untuk mengatasi masalah tersebut juga bisa berbeda-beda tergantung dari penyebab kegagalannya. Sebelum mencoba solusi-solusi berikut, pastikan bahwa Anda sudah terhubung ke Internet. Cara memastikannya cukup dengan buka browser dan coba buka website apapun. Jika bisa dibuka dengan lancar berarti Anda sudah terhubung ke Internet.

Ini Cara Mengatasi Error Unable to Verify di Update iOS 9.3

Berikut ini adalah cara mengatasi dari masing-masing penyebabnya jika Anda mengambil update official dari Apple:

1. Matikan aplikasi Settings

Hal yang pertama harus dicoba adalah dengan mematikan aplikasi Settings. Caranya cukup dengan menekan tombol “Home” dua kali untuk memasuki layar multi tasking Apple. Kemudian cukup swipe ke atas layar yang menggambarkan aplikasi Settings untuk mematikannya. Setelah itu cukup tap pada icon Settings, kemudian pilih “General”, lalu “Software Update”, untuk kembali melakukan update dari awal.

2. Refresh iPhone/iPad Anda.

Jika cara pertama tidak berhasil, maka Anda harus merefresh iPhone atau iPad Anda. Caranya cukup dengan menekan tombol power (tombol di bagian atas) secara terus menerus. Biasanya cara ini adalah untuk mematikan perangkat Anda, namun saat di layar menampilkan tombol power untuk dislide, lepas jari Anda dari tombol power, kemudian tekan kembali secara terus menerus. Kalau cara yang Anda lakukan benar, maka Anda akan kembali ke layar awal (home screen). Namun, jika justru Siri yang muncul, berarti kemungkinan iPhone/iPad Anda dalam keadaan terkunci saat menekannya. Coba unlock dulu sebelum mencobanya. Baca Juga: ” Game Spider Man Untuk PS4 Terbaru Siap Dirilis Tahun Depan “.

3. Reset settingan Network Anda.

Kadang-kadang masalah network juga bisa menimbulkan masalah ini. Coba reset setting network Anda untuk mengatasinya. Namun patut diingat, bahwa semua settingan network Anda pun akan hilang. Termasuk settingan WiFi dan passwordnya. Sehingga Anda harus kembali mengisi ulang settingan tersebut. Caranya cukup Settings >> Reset >> Reset Network Settings, lalu tekan Reset di layar. Setelah semuanya selesai direset dan mengisi ulang settingannya, coba lakukan update kembali.

4. Hapus file updatenya.

Bisa jadi file yang didownload mengalami kerusakan akibat sinyal yang tidak stabil. Untuk itu, coba hapus file update yang sudah didownload dan lakukan download ulang. Caranya buka Settings >> General >> Storage & iCloud Usage, kemudian pilih Manage Storage. Tunggu sampai semua isinya muncul, kemudian cari “Software update”. Pilih ini dan hapus. Sekarang coba lakukan update kembali.

5. Pastikan iCloud Anda tidak penuh.

Hal terakhir yang memungkinkan kegagalan update adalah karena iCloud Anda penuh. Untuk itu pastikan iCloud Anda masih mempunyai kapasitas yang cukup untuk update ini. Sisakan kapasitas sekitar 2GB agar proses update berjalan lancar. Untuk mengecek kapasitas iCloud Anda, caranya buka Settings >> General >> Storage & iCloud Usage, kemudian pilih Manage Storage. Tunggu sampai semua isinya muncul. Lalu lihat apakah kapasitas iCloud Anda mencukupi. Jika tidak, maka Anda bisa pilih mana saja yang akan dihapus sampai kapasitasnya mencukupi. Setelah cukup, coba install update kembali.

Umumnya kelima cara tadi akan bisa mengatasi masalah gagal update ini. Semoga berhasil!