Google Play Store Kini Dukung Pembelian Lewat Fingerprint

0
213
Google Play Store Kini Dukung Pembelian Lewat Fingerprint

CHIP.co.id Google Play Store – Saat Google pertama kali mengumumkan dukungan natif fingerprint scanner di Android 6.0 Marshmallow, semua pengguna Android sudah bisa membayangkan jika nantinya akan banyak aplikasi bawaan Google dan aplikasi pihak ketiga yang fungsinya bisa diintegrasikan dengan pemindai sidik jari.

Kini hal itu mulai terwujud. Sama seperti App Store milik Apple, kini Google Play Store juga sudah bisa mengotentikasi pembelian aplikasi di perangkat berbasis Android 6.0 Marshmallow hanya melalui sidik jari penggunanya.

Hadirnya dukungan pembelian lewat sidik jari ini dibarengi dengan update aplikasi Play Store terbaru yang membawa tampilan baru. Sayangnya Google tidak membuat feature otentikasi sidik jari ini aktif secara otomatis pada perangkat yang memiliki feature fingerprint scanner. Pengguna Android 6.0 Marshmallow harus masuk ke pengaturan di dalam Play Store untuk mengaktifkan feature baru ini.

Saat ini perangkat yang bisa langsung mencicipi feature ini adalah Nexus 6P dan Nexus 5X. Kedua smartphone Nexus terbaru itu merupakan perangkat pertama yang menggunakan Android 6.0 Marshmallow dan sudah memiliki feature fingerprint scanner. Baca Juga: ” Ingin Buat Aplikasi yang Mendunia? Buatlah Sosial Media! “.

Hadirnya feature ini memunculkan kelebihan dan kekurangan, layaknya pedang bermata dua. Kelebihannya adalah pengguna bisa membeli aplikasi lebih mudah dan cepat. Sebaliknya, feature ini berpotensi memunculkan pemborosan karena kemudahan pembelian yang ditawarkan.

Editor : Kama Adritya