CES 2016: Kulkas Pintar dari Samsung Bisa Cek Makanan Basi di Kulkas

0
419
Kulkas Pintar dari Samsung Bisa Cek Makanan Basi di Kulkas

CHIP.co.id – Persembahan pertama dari Samsung pada ajang CES 2016 kali ini berupa salah satu produk unggulan home appliances dari Samsung, yaitu kulkas pintar. Tentunya produk ini direncanakan sebagai salah satu bagian dari smarthome yang akan menjadi tema utama di CES kali ini.

Salah satu agenda utama di jadwal booth Samsung adalah showcase dari jajaran produk yang tergabung di dalam sistem smarthome atau rumah pintar. Produk pertama yang ditampilkan adalah kulkas. Meskipun belum ada acara resmi untuk memperkenalkan kulkas ini, namun kulkas ini sudah ditampilkan di booth Samsung. Rencananya peluncuran resminya akan berbarengan dengan semua peluncuran produk Samsung.

Kulkas ini bukan hanya sekadar kulkas biasa. Kulkas ini bisa dimasukkan ke dalam kategori kulkas pintar atau smart refrigerator. Karena menurut berita yang dirilis di website resminya Samsung di Korea Selatan, kulkas ini didesain untuk membantu monitoring persediaan makanan Anda yang disimpan di dalamnya.

Kulkas ini dilengkapi dengan berbagai macam kamera dan sensor di dalamnya. Peralatan tersebut berfungsi untuk memonitor segala macam isi kulkas tersebut. Bahkan Samsung berani berkata bahwa kulkas ini juga bisa memonitoring tingkat kelayakan makanan-makanan yang berada di dalamnya. Dengan kata lain, kulkas ini bisa mengetahui apakah makanan yang disimpan di dalamnya sudah basi apa belum. Hanya saja, basi atau tidaknya baru bisa diketahui berdasarkan dari penampilan dan waktu expired-nya saja. Belum ada sensor yang bisa mendeteksi sampai sejauh itu. Meski demikian, data tersebut akan sangat membantu kita di tengah kesibukan kesehari-harian.

Semua data yang dimonitor oleh kamera dan sensor kulkas ini akan ditampilkan pada tampilan monitor tablet berukuran 21 inci dengan kualitas 1080p yang berada di bagian depan pintu kulkas ini. Selain itu, data tersebut juga bisa diakses lewat smartphone ataupun data network lainnya yang terjalin di dalam jaringan smarthome tersebut. Kulkas ini juga dapat mengatur jika ada makanan atau minuman yang sudah mendekati basi untuk otomatis dipesankan pegantinya. Misalnya jika susu di dalam kulkas sudah mencapai tanggal expired-nya maka kulkas ini bisa secara otomatis memesan susu baru sebagai penggantinya. Tentunya hal tersebut baru bisa terwujud jika ada pihak ketiga yang terkoneksi juga ke dalam sistem smarthome tersebut.

Tampilan layar di bagian depan tersebut juga bisa digunakan untuk menampilkan informasi cuaca, saham, dan lain sebagainya. Samsung juga mengatakan bahwa layar tersebut juga bisa menampilkan resep-resep makanan yang menarik. Selain itu, kulkas ini juga memiliki speaker sehingga Anda juga bisa menikmati lagu-lagu favorit Anda lewat kulkas ini.

Melihat potensi yang ada, tentunya teknologi smarthome akan terlihat lebih menarik lagi. Mari kita tunggu potensi berikutnya dari produk yang lain.