You are Here : Home > Review > Gadget
18 April 2013 | 18090 view(s)
Tabulet Troy Duos 3G, Tablet Android Dual Core Lokal

Penulis : Bambang Kartika H

Harga: Sekitar Rp1,8 Jutaan

Kelebihan:
- Harga amat terjangkau.
- Slot multimedia cukup lengkap.

Kekurangan:
- Kamera tak bisa diharapkan.

Highlights:
Sekali lagi Tabulet memberikan sebuah tablet yang tak sekadar murah dan seadanya. Namun, Tabulet juga membekalinya dengan kemampuan yang cukup lengkap. Bahkan untuk sisi multimedia Troy Duos 3G juga cukup lengkap fiturnya, dengan slot miniHDMI dan kemampuan Analog TV. Secara keseluruhan, CHIP cukup merekomendasikan tablet ini untuk Anda yang ingin mengenal lebih jauh sebuah tablet Android. Tentunya dengan harga yang terjangkau.

Jakarta, CHIP.co.id - Tabulet Troy Duos 3G pertama kali diperkenalkan dalam gelaran Mega Bazaar Computer 2013 lalu. Kami juga sempat hadir dalam acara peluncurannya tersebut.

Pihak Tabulet menjanjikan Troy Duos merupakan tablet lokal yang berfitur multimedia lengkap dan salah satu yang terbaik di kelasnya. Benarkah demikian?

Desain

Sekilas, Troy Duos 3G memiliki desain yang mirip Samsung Galaxy Tab. Namun, bila kita membaliknya baru akan terlihat perbedaannya. Terdapat sebuah tulisan "Tabulet" besar yang diletakkan tepat di bagian tengah. Selain tulisan tersebut, pada bgaian belakang tablet ini terdapat kamera, LED flash, serta sebuah speaker.

Pada bagian atas Troy Duos 3G terdapat colokan microSD, slot SIM card, jack microUSB, jack miniHDMI, serta jack audio. Ada pula sebiji antena yang disembunyikan, Anda harus menariknya terlebih daulu untuk menggunakannya. Untuk apakah antena tersebut? Tentu saja untuk menonton televisi. Ya, Tabulet menyediakan fitur analog TV yang berfungsi untuk menonton tayangan televisi nasional di mana pun Anda berada. Menarik, bukan?

Pada sisi kanan terdapat tombol volume dan tombol unlock. Sebuah microphone juga disematkan di bagian bawahnya yang dapat Anda gunakan untuk bertelepon dengan siapa pun. Pada bagian depan terdapat kamera sekunder, lampu LED, serta sensor Accelerometer.

Tabulet Troy Duos memiliki layar berukuran 7 inci dengan resolusi 1.024 x 600 piksel. Layarnya juga memiliki kerapatan sebesar 160 DPI. Dengan kombinasi seperti itu, maka wajar bila layanya terlihat sedikit buram dan tak terlalu baik. Namun, secara keseluruhan masih cukup nyaman untuk dipandang. Fisiknya memiliki ukuran 19,5 x 12,2 x 1,1 cm. Menurut situs resminya, hanya ada satu warna yang disediakan Tabulet, yakni Marble White with Silver Lining.

Kinerja

Tabulet menyematkan CPU MediaTek 6577 dengan prosesor ARMv7 1 GHz dual core yang ditemani dengan GPU Mali-400. Dalam kotaknya, Tabulet menuliskan bahwa prosesornya dual core 1,5 GHz. Namun, berdasarkan keterangan di situs resminya, MediaTek menjelaskan bahwa seri 6577 merupakan prosesor 1 GHz dual core. Bukan pilihan yang terbaik, memang. Namun, hasil kolaborasinya cukup baik dan cukup untuk digunakan sehari-hari. Troy Duos 3G berjalan di sistem operasi Android Jelly Bean versi 4.1.1.

Kami juga melakukan benchmark dengan platform AnTuTu dan Quadrant Standard. Hasilnya bisa dilihat di bawah ini.

Yang CHIP sukai dari Troy Duos 3G ini, Tabulet memberikan sambungan multimedia yang cukup lengkap untuk penggunanya. Mulai dari Analog TV, slot mini HDMI, hingga platform Radio FM. Selain itu, Tabulet turut memberikan kemampuan eksternal memori berupa micro SD hingga 32 GB. Sayangnya, Tabulet tak memberikan kemampuan USB on the go di tablet ini.

Kamera

Pada kamera utama, Tabulet menggunakan kamera 2 megapiksel yang dilengkapi dengan LED flash. Sayangnya, kamera ini belum memiliki fitur auto focus. Alhasil CHIP sedikit kesulitan untuk menghasilkan gambar yang tajam. Pada kamera utama juga terdapat beberapa fitur bawaan Android Jelly Bean, misalnya mode panorama dan mode multi-angle shot. Berikut ini kami berikan hasil fotonya.

Klik gambar Panorama di atas untuk lihat hasil asli

Selain kamera utama tersebut, Tabulet Troy Duos 3G turut memiliki kamera sekunder berresolusi VGA. Inilah hasil jepretannya.


Editor : Insaf Albert Tarigan

You may also like:

Tabulet Menghadirkan Tablet dengan Harga Terjangkau

Tabulet TS 201 dan Octa Q4 Siap Meluncur di Carefour Seluruh Indonesia

Tabulet Berikan Cashback Rp200 ribu di 45 Outlet Carrefour

Tabulet Tabz Voice
comments powered by Disqus
Publication
© 2012-2013 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy