You are Here : Home > Review > Gadget
03 April 2013 | 18784 view(s)
S Nexian Mi820, Tablet 8mini dengan Performa Maksi

Penulis : Indra Dhanurendra

Harga: Rp1.499.000

Kelebihan:
- Harga yang sangat terjangkau
- Prosesor berkecepatan tinggi
- Sudah menggunakan Android Jelly Bean 4.1.1

Kekurangan:
- Layar standar
- Daya kurang stabil

Highlights:
Di samping berbagai kekurangan yang ada, harga yang sangat terjangkau untuk tablet android 8 inci berkecepatan tinggi membuat tablet 8mini S Nexian Mi820 sangat menarik untuk dimiliki.

Jakarta, CHIP.co.id - Setelah iPad Mini diluncurkan ke pasaran, banyak tablet Android yang mulai beralih dari 7 inci ke 8 inci. S Nexian pun turut ikut ambil bagian dalam momen tersebut. Mereka bekerja sama dengan Indosat dan Lazada dalam mengeluarkan S Nexian Mi820 atau dikenal juga dengan nam tablet 8mini. Dibanderol Rp1,5 juta, pada saat kami review, barang ini terpampang menjadi salah satu produk spesial di lazada.co.id.


 

Desain
 
S Nexian 8mini datang ke kantor CHIP dengan bentuk yang cukup menarik karena memiliki desain yang sangat bernuansa Apple.
 
 
Bagian depan terlihat polos tanpa gangguan logo, terdapat LCD utama, kamera beresolusi VGA (640x480) dan lampu LED indikator pengisian baterai.
 
  
 
Bagian belakang tablet ini dibalut dengan aluminium seperti layaknya MacBook Pro atau iPad. Hanya saja, terlihat pewarnaannya sedikit lebih kasar. Tablet ini juga didesain memiliki lekukan yang halus dari bagian belakang ke sisi-sisinya. Terdapat kamera 3 MP, logo S Nexian dan indosat Super WiFi, serta tombol reset bak tombol di jam alarm yang cukup aneh. Kami mencoba menekan tombol tersebut dan tidak terjadi apa-apa.
 
  
 
 
Beralih ke sisi atas, Anda akan menemukan colokan mikrofon, colokan micro HDMI, jack audio, jack power dan colokan micro-USB. Sebagai info, pengisian daya tablet ini tidak dapat dilakukan melalui colokan micro USB yang ada. Di sisi kanan terdapat tombol lock dan pengatur suara, dan di sisi kiri terdapat slot micro SD.
 
 
Spesifikasi dan Performa
 
 
Meskipun S Nexian mengklaim bahwa tablet ini memiliki prosesor dual-core 1,5 GHz, ternyata sebenarnya prosesor tablet ini hanya 1,4 GHz. Tetapi kecepatan prosesor 1,4 GHz dual-core dan RAM 1 GB dalam Android JellyBean 4.1.1, sudah membuat performa tablet ini sangat lancar. Bahkan dapat Anda lihat hasil benchmark dari Antutu, tablet ini mencatat nilai sekitar 9.600-10.700 (dari beberapa kali kami uji) dan berhasil mengalahkan Galaxy Note pertama.
 
Anda tidak perlu khawatir karena memori internal 1+8GB sudah dapat memfasilitasi kebutuhan berbagai aplikasi. Jika masih perlu, Anda dapat memasang memori eksternal berbentuk micro SD.
 
 
 
Kami sangat puas saat mecoba memainkan game dengan menggunakan tablet 8mini ini. Permainan seperti Beach Buggy, Subway Surfer, Chaos Ring bahkan game sekelas Heroes of Order and Chaos dapat berjalan dengan sangat lancar. Tetapi sebagai info tambahan, beberapa game yang mengandalkan gyroscope aktif seperti Real Racing 3 dan Modern Combat 4 tidak dapat dipasang di tablet ini.
 
 
 
Untuk kejernihan gambar, resolusi 1.024x768 pixels (dengan potongan 48 pixel sebagai on-screen button Android) dalam 8 inci sudah mencukupi kebutuhan Anda dalam browsing, social media maupun memakai berbagai jenis aplikasi Android lainnya. Layarnya bukan IPS sehingga akan sedikit sulit terlihat pada sudut ekstrem, tetapi hal ini dapat dimaklumi mengingat harga tablet ini sangat terjangkau.
 
Salah satu hal yang menarik, S Nexian menanamkan video player yang dapat dijalankan secara multitasking sehingga Anda dapat membuka internet sambil menonton video, misalnya.
 
 
Perlu Anda ketahui juga bahwa tablet ini tidak memiliki colokan SIM card sehingga Anda hanya dapat menikmati internet dengan menggunakan jaringan WiFi. Selain itu, tablet ini juga tidak dilengkapi dengan GPS dan Bluetooth sehingga untuk mentransfer data Anda perlu menggunakan kabel micro USB atau menggunakan aplikasi transfer data via WiFi seperti AirDroid.
 
 
 
Karena tablet 8mini telah menggunakan Android Jelly Bean 4.1.1, Anda dapat menikmati Google Now.
 
Baterai
 
Dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh, tablet ini dapat bertahan sekitar 3-4 jam dalam kondisi layar menyala tanpa henti. Tentu saja jika dipakai secara standar akan bertahan seharian. Sayangnya, kami beberapa kali menemukan bahwa indikator baterai tidak berubah selang 1-2 jam, lalu tiba-tiba mendadak berkurang secara drastis.
 
 
Selain itu, dari paket produk yang kami ulas, terdapat masalah pada adaptor yang memiliki keluaran arus 1,5 A dengan daya tegangan 1,5 V ini. Jika Anda mengoperasikan tablet Anda sembari diisi dayanya, maka akan sering terjadi kebocoran listrik ke panel layar sentuh. Akibatnya, seringkali panel tersebut akan mendeteksi berbagai sentuhan yang tidak ada (akibat kebocoran listrik yang terjadi).
 
Konklusi
 
Dengan harga Rp1,5 juta (pada saat kami review), tablet ini sangatlah menarik dan dapat dikategorikan sebagai salah satu tablet dengan cost-performance terbaik. Tak dapat disangkal bahwa tablet ini memiliki performa yang lebih tinggi dibanding tablet lain sekelasnya dengan harga yang relatif terjangkau. It's worth to buy.

You may also like:

S Nexian Rilis Smartphone Android Cronos Journey Mi320

SLANK Luncurkan Ponsel untuk Penggemar Setianya

S Nexian SLANK Series dapat Rekor MURI

S Nexian SUPERTAP M-5890 Pelengkap Hiburan yang Fungsional
comments powered by Disqus
Publication
© 2012-2013 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy