You are Here : Home > Review > Gadget
26 February 2013 | 8639 view(s)
Nokia Lumia 820, Smartphone Windows Phone 8 Bongkar Pasang

Penulis : Bambang Kartika H

Harga: Rp4.999.000

Kelebihan:
- Sudah memakai OS Windows Phone 8 terbaru
- Fitur bawaan Nokia amat menarik
- Penutup belakang bisa diganti

Kekurangan:
- Sulit membuka penutup belakangnya
- Layar belum Gorilla Glass

Highlights:
Dengan harga yang cukup tinggi, Lumia 820 memang telah dibekali dengan berbagai teknologi terkini milik Nokia dan Microsoft. Tersedianya berbagai aplikasi bawaan Nokia juga turut memperkaya pengalaman menggunakan Lumia 820. Secara keseluruhan, CHIP merasa puas menggunakan Lumia 820.

Jakarta, CHIP.co.id - Kali ini, CHIP akan membedah salah satu smartphone Windows Phone 8 besutan Nokia, Lumia 820. Smartphone ini pertama kali diperkenalkan pada akhir 2012 silam. Pada saat itu, perkenalannya sekaligus berbarengan dengan sang kakak, Lumia 920.

Lantas, bagaimanakah performanya? Simak penelusurannya di bawah ini.

Desain

Nokia Lumia 820 memiliki ukuran 123,8 x 68,5 x 9,9 mm dan berbobot 160 gram. Layarnya berukuran 4,3 inci 480 x 800 piksel, 217 ppi. Layarnya juga menggunakan teknologi ClearBlack milik Nokia. Sayangnya, Nokia seperti lupa untuk melaminasi layarnya dengan teknologi Gorilla Glass. Walhasil, layarnya amat mudah tergores, dan Anda harus ekstra hati-hati saat menggunakannya. Anda tentu tak mau layar smartphone menjadi tergores, bukan?

Nokia juga mendesain Lumia 820 agar minim tombol, tercatat hanya ada tiga tombol yang semuanya terletak di bagian kanan. Ada tombol volume, lock, serta tombol shutter yang juga menjadi jalur pintas menuju kamera. Di bagian atas terdapat sebuah jack audio, dan ada slot micro USB yang diletakkan di bawah.

Lumia 820 memiliki desain candybar dengan penutup yang dapat dibuka dan diganti. Namun ada kelemahannya. Saat CHIP mencoba membukanya, terasa amat sukar, apalagi bagi Anda yang sedang tak memiliki kuku panjang karena Nokia tak memberikan sedikit pun celah kecil sebagai “pegangan” saat ingin membuka penutupnya tersebut.

Anda juga harus berhati-hati agar tidak salah posisi. Jika salah membuka, baterai Lumia 820 akan terlepas dengan mudah. Solusinya? Matikan terlebih dahulu sebelum membuka penutup belakang Lumia 820. Bila penutupnya telah dibuka, maka terdapat baterai, slot micro SD, dan slot micro SIM card.

Performa

Smartphone berharga Rp4.999.000 ini berjalan di sistem operasi Windows Phone 8 milik Microsoft. Ada beberapa konsekuensi tentunya, yakni masih minimnya aplikasi yang terdapat di OS tersebut. Namun, beruntung Nokia telah membekalinya dengan berbagai aplikasi bawaan hasil pengembangan Nokia sendiri. Ada aplikasi Nokia Care, Noia City Lens, Nokia Drive, Nokia Maps, serta Smart Shoot. Semua aplikasi tersebut eksklusif tersedia hanya untuk smartphone Windows Phone garapan Nokia.

Pada jeroannya, Nokia menggunakan chipset milik Qualcomm MSM8960 Snapdragon, dengan prosesor Dual-core 1.5 GHz Krait di smartphone ini. Untuk urusan grafis, Lumia 820 menggunakan GPU Adreno 225. Kombinasi semuanya mampu menghadirkan grafis yang cukup baik, meskipun bukan yang terbaik. CHIP juga sempat melakukan benchmark dengan aplikasi AnTuTu. Hasilnya cukup menarik karena Lumia 820 mengungguli HTC 8X dengan skor 11904 (HTC 8X meraih skor 11670).

Lumia 820 menggunakan baterai Li-Ion 1650 mAh berseri BP-5T. Dengan baterai tersebut, smartphone ini sanggup bertahan hingga 300-an jam (stand by). Namun, bila menggunakannya saat bertelepon Lumia 820 hanya sanggup bertahan hingga 8-9 jam. Secara keseluruhan, bila digunakan non-stop dengan auto-brightness, Wi-Fi on, mendengarkan musik, bermain game, dan browsing, maka smartphone ini sanggup bertahan setidaknya hingga 9 jam. Cukup bertenaga, bukan?

Kamera

Kamera utama di smartphone ini cukup bertenaga, yaitu 8 megapiksel yang sanggup menghasilkan gambar hingga berukuran 3264 x 2448 piksel. Di kamera utamanya juga terdapat teknologi optik milik Carl Zeiss. Tak lupa, Nokia juga menyematkan dual-LED flash untuk membantu pemotretan. Lumia 820 juga diberikan kamera sekunder oleh Nokia, tetapi hanya memiliki resolusi VGA.

Untuk hasilnya, dapat Anda lihat sebagai berikut.

Kamera utama

Kamera sekunder


Editor : Insaf Albert Tarigan

You may also like:

Windows Phone 8 Akan Dukung Penggunaan Radio FM

Nokia Lumia 920 dan 820 Hadir di Indonesia 4 Desember

Nokia Keluarkan Lumia 920 dan 820 Tanggal 4 Desember?

Nokia Luncurkan Lumia 920 dan 820 di Jakarta, Hari Ini?
comments powered by Disqus
Publication
© 2012-2013 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy