You are Here : Home > Review > Gadget
13 February 2013 | 43705 view(s)
Acer Iconia B1, Tablet Murah dari Merek Terkenal

Penulis : Bambang Kartika H

Harga: Rp1.599.000

Kelebihan:
- Harga amat terjangkau.
- Sudah Jelly Bean.

Kekurangan:
- Material terkesan murahan.
- Kamera sangat buruk.

Highlights:
Harga murah membuatnya memiliki kekurangan di sana-sini. Baik dari material maupun kameranya. Namun, terlepas dari segala kekurangannya, Acer Iconia B1 merupakan sebuah tablet yang cocok untuk newbie belajar mengenai Android.

Jakarta, CHIP.co.id - Kali ini giliran tablet murah besutan Acer yang kami bedah. Saat peluncuran, Presiden Direktur Acer Indonesia Jason Lim amat yakin tablet ini dapat menjadi kendaraan Acer untuk menembus posisi top 3 di pasar tablet.

Baca Juga: Tablet Acer Iconia B1 Resmi Hadir di Indonesia, Harga Rp1,5 Juta

Lantas, bagaimanakah hasil review kami? Simak pemaparannya berikut ini.

Desain

Tablet ini memiliki desain layaknya tablet pada umumnya, yakni bazel yang besar. Acer menyertakan sebuah stiker bertuliskan "Iconia" pada pojok kiri bawah. Sayangnya, stiker ini amat mudah dilepas ataupun terlepas saat tersenggol. Hal ini membuat kecantikannya berkurang.

Iconia B1 memiliki aksen biru pada sisinya, sehingga membuatnya tampak lebih elegan. Sayangnya, material yang digunakan membuatnya mirip tablet murah asal Cina lainnya.  Total hanya ada 2 buah tombol fisik di Iconia B1, yakni tombol lock dan volume yang diletakkan bersamaan di sisi kanan, serta sebuah microphone di sisi yang bersamaan.

Iconia B1 memiliki ukuran panjang 197,4 mm, lebar 128,5 mm, dan ketebalan 11,3 mm. Bobotnya pun cukup ringan dengan hanya 320 gram saja. Bobot ringan ini didapat dari penggunaan material plastik, serta terdapat ruang di sela-sela tablet ini. Maksudnya, bila Anda mengetuk ringan bagian belakangnya, maka akan terasa "kopong".

Layar dan fungsionalitas

Iconia B1 memiliki ukuran layar 7 inci 600 x 1024, dengan kerapatan layar sebesar 170 ppi. Acer menggunakan tipe layar TFT kapasitif, 256K warna. Layarnya pun sudah mendukung multi touch hingga 5 sentuhan. Meskipun harganya terjangkau, Acer sudah membekalinya dengan OS teranyar, Android 4.1.2 Jelly Bean. Karena sudah Jelly Bean, tentu saja tablet ini mampu menjalankan fitur Google Now.

Acer mempersenjatai tablet ini dengan prosesor 1,2 GHz dual-core dengan inti Cortex A9 milik MediaTek. Untuk urusan grafis, tablet ini dibekali dengan chip PowerVR SX531 milik Imagination. Keduanya memang bukan yang terbaik, tetapi cukup untuk menghantarkan kinerja dan grafis yang cukup baik. Acer juga memberikan kapasitas penyimpanan yang cukup lega dengan internal sebesar 8 GB, plus RAM berkapasitas 512 MB. Oh ya, Anda juga masih dapat menambahkan microSD hingga 32 GB untuk menambah kapasitas penyimpanannya.

Tablet ini hanya memiliki satu buah metode sambungan internet, yakni Wi-Fi. Versi yang digunakan yaitu 802.11 b/g/n. Ke depan, Acer berjanji segera menyiapkan versi 3G. Untuk konektivitas lainnya terdapat Bluetooth v 4.0 dan sebiji slot microUSB yang terletak di bagian bawah.

Saat dilakukan benchmark dengan beberapa aplikasi, tablet ini memperoleh nilai yang tak terlalu memuaskan. Anda dapat melihat detailnya pada gambar berikut ini.

AnTuTu Benchmark

Quadrant Standard

NenaMark2

Untuk menikmati semua fasilitas dari tablet ini, tentu saja harus disokong dengan baterai yang prima. Acer mempersenajainta dengan baterai Li-Po 2710 mAh. Baterai ini mampu bertahan hingga sekitar 5-6 jam. Hasil ini didapat dengan selalu menyalakan Wi-Fi dan berselancar di internet, serta bermain game.

Kamera

Iconia B1 hanya memiliki sebuah kamera di bagian depan. Sepertinya Acer sedikit mencontek Asus di tablet Nexus 7. Namun, bedanya di tablet milik Acer ini kamera tersebut hanya beresolusi VGA. Dapat dibayangkan betapa buruk hasil gambarnya. Penasaran? Lihat gambar berikut.


Editor : Insaf Albert Tarigan

You may also like:

Video Review Acer Iconia B1

Acer Iconia B1 (Hands-On)

Tablet Acer Iconia B1 Resmi Hadir di Indonesia, Harga Rp1,5 Juta

Acer Iconia B1 Resmi Dipasarkan di Indonesia
comments powered by Disqus
Publication
© 2012-2013 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy