You are Here : Home > Review > Gadget
27 January 2013 | 8990 view(s)
Samsung NX1000, Mudah untuk Memotret dan Koneksi Internet

Penulis : Taufan Yusuf Nugroho

Harga: Sekitar Rp6,6 Juta

Kelebihan:
+ Reduksi noise yang lumayan baik.
+ Wi-Fi terintegrasi.
+ Mudah digunakan.

Kekurangan:
- Jeda yang panjang setelah pemotretan dengan mode continuous.
- Auto focus dari lensa lambat.

Highlights:
Sebagai kamera mirrorless yang tentunya bertubuh mungil, Samsung NX1000 ini cocok sebagai teman pendokumentasian sejumlah moment maupun cerita perjalanan dan liburan Anda, terlebih dengan adanya dukungan GPS dan Wi-FI yang memudahkan untuk share lokasi dan gambar secara langsung. Bagi yang menginginkan dokumentasi atau hasil foto yang tidak ecek-ecek, si ringan ini patut untuk dilirik.

CHIP.co.id - Saya rasa, perkembangan teknologi fotografi semakin pesat. Bahkan, dapat dikatakan berjalan dengan cepat. Ketika kemunculan pertama teknologi digital dalam fotografi, hanya sejumlah brand kawakan yang bermain di situ. Itu pun dengan rentang waktu yang cukup panjang untuk inovasi dari seri satu ke seri yang lain. Tetapi kini semua telah berubah. Semua berjalan dengan cepat mengikuti pergerakan zaman digitalisasi. Dan, pemain kamera pun semakin bertambah, salah satunya adalah Samsung yang dalam konteks ini menghadirkan kamera mirrorless NX1000.

Brand asal Korea tersebut kini getol untuk menjajaki perkembangan kamera digital. Dahulu Samsung hanya bergerak dalam industri elektronik rumah tangga, tetapi kini mereka menuju satu tahapan lebih untuk bermain di zona fotografi dengan menghadirkan deretan kamera digital berteknologi tinggi. Kali ini Samsung mendatangkan seri terbarunya di kelas kamera mirrorless yang ditujukan untuk entry level, yaitu Samsung NX1000.

Pada kesempatan kali ini, CHIP Foto Video diberi kesempatan oleh Samsung untuk mencicipi performa dari NX1000 yang dipasangkan dengan lensa kit 20-50mm. Seperti kebanyakan mirrorless, Samsung NX1000 ini pun memiliki desain yang kecil dan ringan, dengan bodi terbalutbahan plastik. Selain itu, terdapat karet bertekstur di bagian grip yang membuat semakin nyaman dalam genggaman.

Samsung NX1000 kit 20-50mm * 20 mm * 1/10 detik * ISO 400

Di bagian belakang kamera, dibenamkan layar LCD berukuran 3.0 inci yang akan melayani preview gambar dan pengaturan kamera. Walau belum dilengkapi feature touch screen dan swivel, namun LCD beresolusi 921.000 dot dengan teknologi AMOLED ini lebih dari cukup sebagai pendukung pemotretan maupun perekaman video.

Sistem pengoperasian NX1000 ini cukup mudah dipahami, dan saya rasa, mereka yang awam pun akan cepat menyesuaikan dengan sistem pengoperasiannya yang dapat diakses dari tombol-tombol yang berada di atas dan belakang bodi kamera. Pada bagian atas, selain tombol power dan shutter, juga terdapat tombol putar untuk memilih mode pemotretan layaknya kamera SLR, serta tombol smart link untuk mengaktifkan Wi-Fi. Di bagian belakang terdapat sejumlah tombol pengaturan lainnya, seperti tombol menu hingga tombol recording video.

Untuk bagian dapur pacu, Samsung membenamkan sensor APS-C CMOS beresolusi 20.3 Megapixel. Para penggemar resolusi tinggi ibarat dimanja oleh Samsung. Tetapi, ini semua Samsung bekalkan untuk memberikan hasil gambar dengan kualitas yang mumpuni. Bahkan, besaran resolusi ini melebihi dari yang ditemukan di kamera DSLR entry level.

Samsung NX1000 kit 20-50mm * 20 mm * 1/250 detik * ISO 400

Dengan kamera ini, Anda dapat mengambil gambar pada mode manual hingga full auto. Dari mode manual, pengaturan aperture, speed, ISO dilakukan dari kendali diri Anda, sehingga exposure dapat diatur sesuai selera. Bagi yang tidak ingin repot, mode auto dengan segudang scene mode dan effect yang terangkum dalam smart filter bisa menjadi pilihan. Pada pengujian, CHIP Foto Video juga mencoba smart filter “miniature” untuk memotret kegiatan di seputaran Bundaran Hotel Indonesia.

Samsung NX1000 kit 20-50mm  Miniature filter * 24 mm * 1/320 detik * ISO 200

Bagi Anda yang menginginkan penyim­panan gambar dalam format mentah (RAW), Samsung menyediakannya di NX1000 ini. Hadir sebagai entry level di keluarga mirrorless Samsung, namun NX1000 bukanlah yang biasa-biasa saja. Segudang feature kelas tinggi juga dapat Anda nikmati dari genggaman.

Selain dimodali resolusi besar dan segudang mode pemotretan, NX1000 ini juga dibekali dengan perekam video beresolusi Full HD 1080p 30fps. Momen berharga Anda dapat difilmkan dengan mudah. Dalam pemotretan, kamera ini juga memberikan feature burst (continuous shot) hingga 8 fps, namun seusai motret dengan feature tersebut, Anda harus bersabar untuk menunggu jeda pemotretan selanjutnya karena jedanya cukup panjang. Untuk performa auto focus lensanya, mungkin tidak memberikan hasil yang luar biasa dan bukan performa yang cepat.

Samsung juga membekali NX1000 ini dengan feature GPS dan Wi-Fi untuk berbagi gambar langsung di dunia maya, bahkan untuk mengirim hasil jepretan kepada klien bagi yang mengerjakan project fotografi. Cukup menekan tombol “Smart Link” dan melakukan registrasi singkat di menu, Anda sudah dapat melakukan koneksi Wi-Fi untuk kebutuhan tersebut.

Jadi, saat Anda melakukan perjalanan dan menemukan area hotspot yang membagi sinyal Wi-Fi, Anda pun dapat segera mengaktifkan WiFi kamera untuk sekedar berbagi gambar. Performa Wi-Fi-nya juga bisa dibilang cepat dan baik. Sebuah kamera mungil dengan segudang feature berteknologi tinggi.

Spesifikasi:

  • Sensor: APS-C CMOS Sensor
  • Resolusi Efektif: 20.3 Megapixel
  • Format Gambar: RAW (SRW), JPEG (EXIF 2.21), DCF, DPOF 1.1, PictBridge 1.0
  • Mode Pemotretan: SmartAuto(2.0), Program, Aperture Priority, Shutter Priority, Manual, Lens Priority, Magic, cene, Movie, Wi-Fi
  • Lensa: Interchangeable
  • Sensitivitas ISO: 100-12.800, Auto
  • Shutter: 30-1/4000 sec.
  • Drive Mode: 8 fps
  • LCD: 3,0 inci AMOLED
  • Media: SD, SDHC, SDXC (guarantee up to 128GB)
  • Baterai: Li-Ion BP1030 (1030mAh)

Editor : Insaf Albert Tarigan

You may also like:

Milk Video: Layanan Alternatif YouTube Samsung untuk Manjakan Pengguna Galaxy

Bos Samsung Rela Dipotong Gaji Karena Keuntungan yang Terus Menurun

Bermitra, BlackBerry dan Samsung Sajikan Layanan Keamanan Terpadu

Ini Dia, Generasi Terbaru dari UFS Memory Pada Samsung Galaxy S6
comments powered by Disqus
Publication
© 2012-2013 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy