You are Here : Home > Review > Gadget
05 December 2012 | 107712 view(s)
Smartfren Andromax-i, Smartphone Dual SIM Murah Kinerja Tak Murahan

Penulis : Bambang Kartika H

Highlights:
Menurut CHIP, Smartfren Andromax-i memiliki kinerja yang amat memuaskan dibandingkan dengan smartphone sekelasnya. Spesifikasinya pun kami rasa setingkat dengan berbagai smartphone milik vendor ternama. Hal ini juga masih ditambah dengan harganya yang terjangkau untuk semua kalangan.

Harga: IDR 1,2 Jutaan

Kelebihan:

  • Prosesor 1 GHz Dual core
  • Kamera utamanya 5 MP
  • Baterai awet dan tahan lama

Kekurangan:

  • Musik saat booting cukup mengganggu
  • Tidak ada flash
  • Slot SD card dan dual sim tidak hotswap

Jakarta, CHIP.co.id - Kali ini, CHIP akan membedah smartphone lokal milik Smartfren, yaitu Andromax-i. Smartfren mengklaim smartphone ini berkualitas meskipun harga yang ditawarkannya cukup miring. Andromax-I juga mendukung dual SIM card dan dual-On antara CDMA (kartu Smartfren, tentunya) dan GSM.

Penasaran dengan paparan dari kami? Simak artikel kami, dan jangan palingkan mata dari depan layar. Karena produk “murah” ini akan mengagetkan Anda dengan performanya.

Performa memuaskan

Pada jeroannya, Smartfren membenamkan prosesor Snapdragon 1GHz Dual Core, hasil kerjasama dengan perusahaan terkemuka, Qualcomm. Untuk menunjang tampilan grafis, Andromax-I menggunakan Adreno 203 GPU. Kombinasi keduanya membuat performanya amat meyakinkan. Saat kami mengetes smartphone ini, hasilnya berjalan mulus dan tanpa lag.

Namun, ada sisi lemahnya. Bila terlalu panas, layarnya tak dapat dioperasikan. Maksudnya, Anda tak dapat memencet apa pun di layarnya, meskipun tetap dapat digunakan (untuk lock screen dengan tombol penguncinya). Solusinya, Anda harus melakukan hard reset dengan melepas baterai dan menyalakannya kembali. Di luar kelemahan tadi, secara keseluruhan Andromax-I amat menyenangkan untuk digunakan sehari-hari.

Ruang penyimpanannya pun cukup lega dengan memori internal sebesar 4 GB dan RAM 512 MB. Memori penyimpanan internal tadi masih dapat ditambah dengan eksternal berupa SD card. Sayangnya, slot SD card-nya terletak di dalam. Anda harus melepas penutup belakangnya terlebih dulu untuk menyisipkan SD card. Oh ya, SD card yang dapat disisipkan maksimal berkapasitas 32 GB.

Ini yang tak kalah keren. Smartfren menyisipkan Android Ice Cream Sandwich 4.0 pada Andromax-I, tepatnya versi 4.0.4. Otomatis tampilan antarmukanya telah menggunakan default milik si ICS. Kami belum tahu apakah Andromax-I dapat di-upgrade ke Jelly Bean atau tidak. Anda dapat ke gerai Smartfren untuk menanyakannya.

Andromax-I memiliki baterai berkapasitas 1.630 mAH. Sebelum mengujinya, kami terlebih dulu mengisi dayanya hingga 100% dengan menyalakan auto rotate, auto brightness, dan Wi-Fi selalu dinyalakan. Kami menggunakannya seharian untuk browsing, Twitter, Path, mendengarkan musik, serta bermain game seperti Punch Hero dan Angry Birds Star Wars. Hasilnya pun cukup mencengangkan, Andromax-I mampu bertahan selama hampir 19 jam dengan kapasitas yang berkurang dari 100% menjadi 4%.

Desain minimalis

Andromax-I memiliki ukuran fisik 125,5 x 64 x 10,8 mm dan berbobot sekitar 150 g. Materialnya dibuat dari plastik, yaitu glossy di bagian depan dan berbahan doff pada penutup belakangnya.

Di bagian atasnya terdapat sebuah jack 3,5 mm dan tombol unlock. Tombol volume terletak di bagian kanan. Sedangkan di bagian bawah, terdapat microphone dan slot micro USB. Hisense, perakit smartphone tersbeut menyertakan 4 tombol sentuh di bawah layar, yaitu menu, home, back, dan search.

Layar milik smartphone berkode AD683G ini berukuran 4 inci dengan resolusi sebesar 480 x 800 p. Layarnya memiliki kerapatan sebesar 160 DPI dan mampu menerima hingga 5 sentuhan jari. Kami merasa nyaman dengan layar milik Andromax-I ini. 

Menurut aplikasi Elixir 2, Andromax-i memiliki 6 buah sensor. 6 buah sensor tersebut, yaitu accelerometer, light sensor, magnetic field sensor, microphone, orientation sensor, dan proximity sensor.

Kamera tak cukup baik

Ada 2 buah kamera di smartphone ini, yaitu 5 MP di kamera utama dan 1,3 MP pada kamera sekunder. Saat mengujinya, CHIP merasa kurang puas dengan hasilnya, terutama kinerja kamera sekundernya. Namun, kami cukup puas dengan kamera utamanya meskipun minus kehadiran flash. Kinerjanya saat kondisi kurang cahaya amat kami sukai. Berikut kami berikan hasil jepretan dengan Andromax-i.


Editor : Insaf Albert Tarigan

You may also like:

Rebranding Smartphone: Produk Lokal Aroma Cina atau Produk Cina Aroma Lokal?

Smartfren Jual Android KitKat Rp499 Ribu

Sambut Ramadan, Smartfren Diskon Seri Andromax

Gelar Olymplication, Smartfren Tantang Mahasiswa Buat Aplikasi untuk Andromax
comments powered by Disqus
Publication
© 2012-2013 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy