21 November 2012 | 11201 view(s)
Upgrade Galaxy Nexus yakjuxw ke takju atau yakju dengan Android Jelly Bean 4.2

Penulis : Indra Dhanurendra

Jakarta CHIP.co.id, Halo CHIPers, Google telah resmi meluncurkan Android Jelly Bean 4.2 untuk perangkat Galaxy Nexus. Selain Nexus 4, Nexus 7 dan Nexus 10, kini Galaxy Nexus dengan factory image takju dan yakju sudah dapat merasakan Android terbaru ini. 

Sayangnya, jika Anda membeli perangkat Galaxy Nexus di salah satu gerai elektronik Indonesia, besar kemungkinan Anda akan memiliki kode factory image yakjuxw (build JRO03C). Galaxy Nexus yakjuxw ini akan lebih lama mendapatkan update Android dibanding seri takju dan yakju.

Lalu bagaimana jika Anda tetap ingin menginstall Android 4.2 sekarang? Caranya adalah mengganti stock ROM anda dengan takju atau yakju. Berikut kami akan paparkan cara-cara untuk melakukannya dengan bantuan PC Windows (Mohon maaf bagi pengguna Mac dan Linux).

Perlu diketahui bahwa mengganti stock ROM merupakan tindakan di luar tanggung jawab Samsung maupun Google, sehingga garansi perangkat anda tidak akan berlaku. Namun, tidak perlu khawatir karena Anda tetapi bisa membuat garansi tersebut berlaku kembali jika Anda dapat mengembalikan ke stock ROM yakjuxw seperti semula. Penasaran? berikut panduannya:

PERHATIAN: Kami mengimbau agar Anda tidak melakukan langkah-langkah mengganti stock ROM, jika Anda tidak benar-benar yakin, dan siap menanggung risiko. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan apa pun pada perangkat Anda.

Sudah siap? Langkah-langkah mengganti stock ROM Galaxy Nexus adalah sebagai berikut:

1. Download semua data dan tools yang diperlukan

Tools yang diperlukan dapat di download di sini:

(Perbedaan dari takju dan yakju terletak pada adanya Google Wallet di takju, sedangkan tidak di yakju. Kami menyarankan Anda memakai takju saja karena update takju lebih cepat diluncurkan.)

2. Install Driver untuk Galaxy Nexus

Install Driver ADB dan Fastboot yang telah Anda download sebelumnya, ikuti langkah-langkah yang ada. Tes perangkat Galaxy Nexus Anda dengan menghubungkannya ke komputer dan aktifkan Setting > Developer Option > USB Debugging Mode.

Jika Anda mengalami masalah instalasi, Anda dapat melihat tautan berikut: http://webtrickz.com/new-method-installing-adb-and-fastboot-drivers-for-galaxy-nexus-on-windows-7-windows-8/

3. Backup semua data Anda di Nexus Root Toolkit

(Langkah ini merupakan langkah opsional yang cukup penting untuk dapat menyimpan semua data aplikasi yang telah Anda install ke dalam perangkat Anda. Dengan mengikuti langkah ini, Anda dapat restore semua aplikasi di ROM takju/yakju yang akan Anda install)

Pastikan driver Galaxy Nexus Anda telah terinstall, dan saatnya Anda menginstall Nexus Root Toolkit (Thanks to WugFresh yang telah mendevelop program ini).

Ambil perangkat Galaxy Nexus Anda, hubungkan ke komputer,  aktifkan Setting > Developer Option > USB Debugging Mode.  Buka Aplikasi Nexus Root Toolkit, pilih Galaxy Nexus GSM/HSPA+ Android 4.1.1 JRO03C, klik tombol Backup, centang system apps + data dan shared data lalu klik create android backup file, pilih lokasi di mana akan menyimpan backup file tersebut.

Galaxy Nexus Toolkit v1.5.5

Jika berjalan dengan benar, Nexus Root Toolkit akan menampilkan proses yang sedang terjadi, dan perangkat Galaxy Nexus Anda akan memasuki fastboot, booting ulang. Kemudian, Anda akan perlu menekan tombol backup pada perangkat Galaxy Anda (masukkan sandi enkripsi jika perlu). Sabarlah menunggu karena seluruh data di perangkat Anda akan dibackup. (untuk gambaran saja, saya memerlukan waktu 2-3 jam untuk backup data sekitar 6-7 GB). Jika proses backup terhenti, Anda dapat memutus debugging mode

4. Unlock perangkat Galaxy Nexus Anda

Kembali buka Nexus Root Toolkit dan klik tombol Unlock (Proses unlock akan menghapus semua data pada perangkat Anda. Jadi, pastikan anda telah melakukan backup data pada langkah sebelumnya). Ikuti navigasi yang ada, dan jika berhasil, pada boot loader logo Google akan muncul gambar kunci padlock terbuka.

5. Flash ROM Stock takju/yakju

Nah, Sampailah kita pada langkah yang menentukan ini. Buka kembali aplikasi Nexus Root Toolkit, Klik tombol Flash Stock + Unroot, pilih Other/Browse..., pilih ROM Stock takju/yakju yang telah Anda download pada langkah 1, klik OK. Ikuti navigasi yang ada, sampai aplikasi Nexus Root Toolkit membuka prompt flashstock.bat, silahkan menunggu dan enjoy the show.

Setelah selesai, prompt akan memberikan pesan yang harus Anda lakukan, yaitu menunggu boot loader 5-10 menit (pada kasus saya tidak sampai 5 menit) dan selamat...!! Galaxy Nexus kode takju/yakju dengan Android JellyBean 4.2 telah terinstall pada perangkat Anda!

6. Optional: Restore backup anda

Jika ingin data-data Anda kembali, Anda hanya perlu membuka kembali Nexus Root Toolkit, klik tombol Restore, Restore all apps, dan tunggu sampai proses backup selesai dan voilá... data Anda akan kembali seperti semula.

Berhasil? atau gagal? silakan tinggalkan suara Anda pada kolom komentar di bawah ini.

 

Credit:

Mayur, Easiest Way to Change Galaxy Nexus from Yakjuxw (Non-Yakju) to Android 4.2 Yakju/Takju and Get future Updates from Google


Editor : Insaf Albert Tarigan

You may also like:

Cara Cepat Update ke Android 4.2.2 untuk Galaxy Nexus

Android Jelly Bean 4.2: Mitos, Fakta, dan Review (2)

Android Jelly Bean 4.2: Mitos, Fakta, dan Review (1)

Perbandingan Galaxy Nexus dan LG Nexus 4
comments powered by Disqus
Publication
© 2012-2013 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy