You are Here : Home > News > Tips Apps Android Special Report
26 June 2013 | 147256 view(s)
Percantik Tampilan Android dengan 10 Launcher Pilihan CHIP

Penulis : Bambang Kartika H

CHIP.co.id - Tiap orang pasti menginginkan tampilan yang berbeda pada perangkat Android miliknya. Untuk itulah, para pengembang berlomba-lomba untuk menciptakan beragam launcher. Tentunya untuk menghasilkan tampilan yang unik dan berbeda, sesuai selera penggunanya.

Bila Anda sembarang mengetikkan "launcher" dalam laman Play Store, maka ada ratusan launcher yang muncul. Anda tentu sedikit kerepotan untuk memilih launcher terbaik, bukan? Untuk itu, CHIP telah memilihkan 10 launcher yang menarik untuk perangkat Android Anda.

1. Apex Launcher

Apex Launcher memiliki tampilan yang secara garis besar mirip dengan tampilan Android (4.0 ke atas) secara default. Namun, bila dilihat lebih dalam tentu banyak sekali perbedaannya. Misalnya saja terletak pada kemampuannya untuk berganti ikon dan font.

2. Smart Launcher

Ini launcher yang unik dari sisi tampilan. Mengapa? karena di home screen-nya ikon diletakkan secara melingkar. Sehingga terlihat mirip sekuntum bunga yang dilihat dari atas. Saat masuk app drawer-nya, Anda juga akan disuguhkan tampilan yang unik. Tepatnya mirip dengan Ubuntu yang menaruh bar di sisi kirinya. Bar tersebut membagi secara otomatis aplikasi yang Anda miliki sesuai dengan kategorinya.

3. BIG Launcher

Anda pasti bingung saat melihat gambar di atas. Lantas, mengapa tampilannya tampak besar dan membosankan? Tentu saja karena launcher ini ditujukan untuk orang yang memiliki masalah dalam penglihatannya. 

4. ADW.Launcher

ADW Launcher menggunakan tampilan default milik Android. Namun, launcher ini dapat dikustomisasi dengan beragam tema yang bertebaran secara gratis (ada juga yang berbayar) di Play Store.

5. Dodol Launcher

Jangan sepelekan launcher ini. Meskipun namanya terdengar konyol, launcher ini memiliki segudang fitur yang menarik untuk dikulik. Ikon-ikon lucu dapat Anda gunakan di Dodol Launcher, tentunya setelah Anda unduh di Play Store. Namun, secara keseluruhan launcher ini mirip dengan launcher lainnya.

6. TSF Shell

Launcher yang satu ini tak memiliki tombol khusus untuk membuka App Drawer. Cukup menekan tombol back dari perangkat Anda, maka App Drawer baru akan muncul. Selain itu, launcher ini juga memiliki berbagai kemudahan. Salah satunya adalah kemampuannya untuk mengatur tata letak aplkasi dengan bantuan Lasso Tool. Berbagai widget yang dimilikinya juga sungguh unik dan, tentunya, dapat diunduh secara gratis.

7. Yandex Shell

Mirip dengan TSF Shell, launcher ini memiliki kemampuan untuk menampilkan mode 3D. Kelebihan Yandex ketimbang launcher lain adalah disediakannya aplikasi Dialer milik Yandex. Dialer ini sendiri cukup unik tampilannya.

8. GO Launcher

Ini salah satu launcher terlaris di dunia Android. Bila dilihat dari tampilan, launcher ini memiliki banyak sekali tema yang dapat Anda unduh di Play Store. Tiap tema biasanya mengandung wallpaper dan ikon sendiri, sesuai dengan jenis temanya. Selain itu, di App Drawer-nya juga mendukung folder. Jadi, Anda dapat dengan mudah mengatur berbagai aplikasi sesuai dengan fungsinya.

9. Atom Launcher

Anda senang launcher yang minimalis? Aom Launcher patut untuk Anda coba. Launcher ini memiliki tampilan yang, sayangnya, sedikit girly. Namun, bila Anda pintar mengelolanya, maka tampilan Atom Launcher juga dapat menjadi lebih elegan. Ikonnya dapat diubah sesuai selera. Tentunya dengan mengunduh berbagai icon pack terlebih dahulu.

10. Facebook Home

Launcher garapan perusahaan milik Mark Zuckerberg ini didesain sedemikian rupa untuk Anda yang mementingkan manusia ketimbang aplikasi. Maksudnya adalah, di Home Anda dapat langsung berjejaring dengan teman Anda via Facebook tanpa membuka aplikasi Facebook terlebih dahulu. Bila dilihat dari tampilan antarmuka, Anda dapat langsung melihat berbagai konten yang biasa Anda dapatkan di laman muka Facebook. Anda juga dapat menggesernya untuk melihat konten lain yang dibagikan teman-teman Facebook Anda.


Editor : Insaf Albert Tarigan

You may also like:

Kumpulan Ikon Terbaru Milik Google Tersedia di Project Hera Launcher Theme?

Google Rilis Google Now Launcher di Play Store

Mozilla Akan Luncurkan Launcher Android, EverythingMe

Yahoo Akuisisi Launcher Aviate
comments powered by Disqus
Publication
© 2012-2013 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy