04 December 2012 | 1299 view(s)
Selamat Ulang Tahun ke-20, SMS

Penulis :

CHIP.co.id - Tepat dua puluh tahun yang lalu, Short Message Service (SMS) pertama di dunia dikirimkan oleh seorang insinyur berusia 22 tahun bernama Neil Papworth kepada Richard Jarvis, seorang eksekutif di Vodafone. Pesan singkat tersebut berbunyi "Merry Christmas," Jarvis sedang menghadiri pesta liburan perusahaanya di Newbury, Inggris, dan menerima pesan tersebut pada sebuah perangkat bernama Orbitel 901.

Secara garis besar, SMS dikirimkan dari satu telepon ke telepon lain melalui jalur kecil di jaringan selular yang bernama control channel. Itulah mengapa SMS adalah bentuk komunikasi yang terjamin dalam bencana alam, saat lalu lintas data menjadi sangat padat karena digunakan untuk panggilan telepon dan transfer data.

Kecilnya jalur data yang digunakan itulah yang membatasi SMS menjadi sepanjang 160 karakter. 

Di ulang tahunnya yang ke-20 ini, peran SMS semakin terusik dengan kehadiran banyaknya layanan pesan singkat model lain, dari Facebook messaging hingga Apple iMessage. Penggunaan SMS makin berkurang di sebagian besar negara di dunia. Salah satu faktor penyebab turunnya angka penggunaan SMS adalah tingginya angka penjualan Smartphone, yang memberikan banyak alternatif layanan pesan singkat lain. SMS kini bergantung pada negara-negara dimana angka penjualan feature-phone masih tinggi, seperti di India dan Afrika.

Meskipun begitu, SMS tetaplah bentuk komunikasi di jaringan selular yang paling banyak digunakan, sekitar enam sampai delapan miliar SMS dikirim pertahunnya. Ini bisa terjadi karena kompabilitas SMS di berbagai macam ponsel dan jaringan selular yang begitu luas.

 

Quartz


Editor : Insaf Albert Tarigan

Tags : #sms
You may also like:

Imbauan Telkomsel untuk Menangkal SMS Penipuan

Google Akan Integrasikan SMS dengan Layanan Hangouts

Perangkat ini Tak Memerlukan Baterai untuk Mengirimkan SMS

Indosat Berhasil Layani Pelanggan di Masa Sibuk Lebaran 2012
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : 76219U93

Publication
© 2012-2014 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy