You are Here : Home > News > Software & OS Press Release
16 July 2013 | 6978 view(s)
Fedora 19, Sistem Operasi Linux Terbaru dengan Banyak Fitur

Penulis : Nur Hasanah

CHIP.co.id -- The Fedora Project, kolaborasi open source yang disponsori oleh Red Hat, Inc dan didukung oleh komunitas di seluruh dunia, baru saja mengumumkan kehadiran sistem operasi Linux gratis, Fedora 19. Dengan kode nama “Schrödinger's Cat”, sistem operasi baru yang dapat digunakan oleh siapa saja ini memungkinkan para developer dari semua tingkat keahlian untuk membuat dan mengembangkan kode di banyak lingkungan.

"Komunitas the Fedora Project telah benar-benar menunjukkan bahwa kelincahan (agility) sangat penting,” jelas Robyn Bergeron, the Fedora Project Leader. “Dari  fitur-fitur tingkat tinggi untuk mendukung infrastruktur cloud dan virtualisasi, hingga ke tingkat proses dan tingkat portabilitas mesin virtual, dikombinasikan dengan toolchains developer terbaru, Fedora 19 memiliki teknologi-teknologi mutakhir yang mendukung skalabilitas, ketahanan, dan fleksibilitas yang sangat penting dalam dunia teknologi yang semakin fokus pada penyediaian solusi, pelayanan, dan informasi secara cepat.” tambah Robin.

Dengan berbagai jenis perangkat developer, mulai dari bahasa pemrograman yang populer dan perangkat pengemasan untuk pengujian dan pengukuran fitur, Fedora 19 menyediakan berbagai fitur bagi developer untuk membuat dan mengembangkan kode di banyak lingkungan, diantaranya:

  • Developer's Assistant, sebuah alat yang cocok untuk pemula atau developer berpengalaman untuk memulai proyek kode dengan template, contoh-contoh dan toolchains bahasa tertentu;
  • Kemampuan mencetak 3D, mulai dari software untuk membuat model 3D, hingga alat untuk membuat dan mengirimkan kode ke printer 3D;
  • Node.js runtime dan npm package manager, untuk mengembangkan aplikasi jaringan sckalabel atau aplikasi real-time di seluruh perangkat yang didistribusikan; dan
  • OpenShift Origin, infrastruktur Platform-as-a-Service, termasuk beragam cartridge untuk pengembangan dan penerapan aplikasi.
  •  Selain itu, Fedora berusaha untuk memasukkan language stacks terbaru dalam setiap rilis, dan Fedora 19 meneruskan tradisi ini dengan update PHP (5.5), Ruby 2.0.0 yang baru saja dirilis, dan preview teknologi dari OpenJDK8 yang akan segera hadir.

Fedora 19 juga menyediakan berbagai perbaikan pada pengelolaan sistem operasi, termasuk proses booting, pemulihan dari kegagalan, migrasi sistem, dan banyak lagi. Fedora 19 mencakup alat untuk diagnosis, memonitor, dan logging , sehingga pengguna dapat lebih proaktif, bukan reaktif, dan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang mereka sukai.

Disamping banyaknya perbaikan “tidak terlihat”, Fedora 19 juga menawarkan banyak peningkatan lain yang dapat dilihat secara langsung oleh pengguna desktop.  Fitur baru untuk penggunaan sehari-hari mencakup peningkatan pada CUPS, yang kini menggunakan PDF sebagai format standar pencetakan, yang memungkinkan post-proses yang lebih mudah, dan mencetak lebih cepat; dan Federated Voice-over-IP (VoIP), yang memungkinkan pengguna Fedora membuat panggilan dengan memanfaatkan alamat user@domain dengan kenyamanan yang sama seperti email.

Fedora 19 juga menarik karena adanya beberapa pilihan desktop, termasuk GNOME 3.8, dengan peningkatan pengaturan privasi dan berbagi, dan pilihan untuk mengaktifkan “GNOME Classic,” yang memberikan pengalamanserupa dengan GNOME 2; KDE Plasma Workspaces 4.10, dengan cetakan baru, screenlock, dan fitur aksesibilitas; dan MATE 1.6 desktop environment, yang mencakup berbagai peningkatan pada lingkungan desktop.

 


You may also like:

Bermain Puzzle Musik dengan Sentris

Smart Cap, Salah Satu Pesaing Google Glass Masa Depan

Action Henk Berlari di Steam Early Access

Game Puzzle The Talos Principle Siap Rambah PS4
comments powered by Disqus
Publication
© 2012-2013 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy