You are Here : Home > News > Security Press Release
30 May 2013 | 1231 view(s)
Kaspersky: Solusi Hybrid Berikan Perlindungan Terbaik Hadapi Ancaman Siber

Penulis : Nur Hasanah

 

CHIP.co.id - Saat ini, muncul 140 ancaman baru per menit. Menghadapi peningkatan jumlah malware yang sangat tajam tersebut sangatlah mustahil untuk menghadapinya hanya dengan menggunakan cara pencarian signature tradisionalTeknologi awan menjadi bagian penting bagi solusi keamanan modern, namun teknologi ini tidak bisa melindungi komputer tanpa dukungan perangkat keamanan lokal.

 

Cara terbaik untuk melindungi komputer adalah dengan menggabungkan teknologi anti-malware lokal yang secara simultan berinteraksi dengan layanan awan, atau yang dikenal sebagai solusi hybrid. Para pakar keamanan Kaspersky Lab yakin bahwa hanya solusi hybrid yang bisa memberikan perlindungan terbaik menghadapi ancaman cyber.

 

Teknologi proaktif membantu mendeteksi ancaman yang belum diketahui jenis atau namanya sementara teknologi awan memberikan perlindungan secepat mungkin menghadapi ancaman yang ada. Meski ada beberapa solusi keamanan yang sepenuhnya mengandalkan teknologi awan, namun solusi seperti ini tidak bisa memberikan perlindungan yang bisa diandalkan menghadapi ancaman yang kompleks, termasuk ancaman zero-day. Solusi berdasarkan teknologi awan juga tidak bisa bekerja efektif tanpa koneksi Internet yang stabil.

 

Jelas bahwa ke depannya solusi yang akan dipakai adalah solusi hybrid yang menggabungkan teknologi lokal, baik reaktif maupun proaktif, dengan fungsi-fungsi yang ada pada layanan awan. Solusi hybrid umumnya digunakan oleh perusahaan berskala besar. Dari hasil penelitian, 29% perusahaan berskala besar telah menggunakan solusi keamanan hybrid.

 

Sayangnya, perusahaan dengan skala lebih kecil tidak atau belum menyadari pentingnya solusi hybrid. Berdasarkan hasil penelitian, hanya 21% perusahaan skala lebih kecil yang menggunakan solusi hybrid. Lebih dari setengah responden (51%) memilih menggunakan solusi lokal tanpa bantuan layanan awan, dan 20% responden memilih perangkat keamanan awan. Hasil survei ini terungkap dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Kaspersky Lab bekerjasama dengan B2B Internatioal pada akhir tahun lalu.

 

 

 

Solusi Hybrid Kaspersky Lab

Para pakar keamanan Kaspersky Lab yakin bahwa hanya solusi hybrid yang bisa memberikan perlindungan terbaik menghadapi ancaman cyber. Inilah alasan mengapa Kaspersky Lab menjadi salah satu perusahaan yang pertama menambahkan teknologi berbasis awan, Kaspersky Security Network, ke dalam produknya untuk pengguna rumahan dan perusahaan.

 

Dengan seizin pengguna, teknologi ini mengumpulkan data mengenai usaha penginfeksian terhadap komputer yang memiliki solusi keamanan Kaspersky Lab. Data ini lalu dikirim ke spesialis perusahaan untuk analisis lebih mendalam. Setelah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi pengguna seperti menambahkan situs berbahaya ke dalam daftar hitam (blacklist), membuat signature, dan lain-lain, update perangkat keamanan dan database antivirus dikirim ke seluruh produk Kaspersky Lab melalui Kaspersky Security Network.

 

Platform baru untuk pengguna korporat, Kaspersky Endpoint Security for Business, juga terhubung erat dengan Kaspersky Security Network. Komponen-komponen platform ini mengumpulkan data mengenai malware baru, situs-situs berbahaya dan spam, membuat daftar hitam dan putih (whitelist and blacklist) dari suatu aplikasi, menambahkan database kerentanan, dan lain-lain. Seluruh update penting diunduh ke komputer pengguna hanya dalam hitungan detik setelah dicek oleh para pakar Kaspersky Lab. Hasilnya adalah sebuah solusi keamanan korporat yang memberi perlindungan yang efisien dan, yang lebih penting lagi, solusi yang memberi perlindungan krusial untuk menghadapi ancaman cyber.  


Editor : Insaf Albert Tarigan

You may also like:

Hati-Hati Jika Ada Rayuan Gombal Melalui E-mail

Lindungi Windows Phone Anda dengan Kaspersky Safe Browser

Kaspersky Siap Lindungi Pengguna Ponsel Windows Phone 8 dan Perangkat Samsung

Kaspersky Internet Security 2014 Duduki Peringkat 1
comments powered by Disqus
Publication
© 2012-2013 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP