You are Here : Home > News > General
19 March 2011 | 7458 view(s)
Google Voice Search dalam Bahasa Indonesia

Penulis : Yossie Yono

CHIP Online - Google Voice Search dalam Bahasa Indonesia

Jakarta, CHIP.co.id - Google kali ini hadir di Indonesia dengan mengumumkan ketersediaan layanan Google Voice Search dalam Bahasa Indonesia. Google Penelusuran Suara merupakan bahasa pertama di wilayah Asia Tenggara yang dikenali oleh produk ini. Google Penelusuran Suara merupakan cara yang cepat dan alami bagi pengguna untuk melakukan penelusuran di Internet melalui ponsel hanya dengan mengucapkan kata atau kalimat tanpa perlu mengetik. Acara ini mengambil tempat di Domain Bar & Grill, Senayan City, Jakarta (16/3).

Para pengguna kini dapat menghemat waktu dalam melakukan penelusuran di dunia maya. Pesatnya penggunaan ponsel pintar dan tablet dengan penggunaan layar sentuh, dapat dipercepat dengan penggunaan Google Penelusuran Suara. Penggna hanya perlu menekan tombol mikrofon di samping bilah penelusuran dan langsung berbicara, dan dengan seketika, Google akan menampilkan rentetan kata atau kalimat yang terucap. Apabila pengguna mengucapkannya dengan suara yang kurang jelas, ataupun ruangan yang terlalu ramai, seketika itu pula Google Penelusuran Suara akan menampilkan beberapa pilihan kata atau kalimat yang dapat dipilih secara cepat oleh pengguna.

CHIP Online - Google Voice Search dalam Bahasa Indonesia

Henky Prihatna selaku Indonesia Country Representative, Google Southeast Asia hadir dengan menjelaskan mengenai keberadaan Google Penelusuran Suara dalam Bahasa Indonesia. Henky mengatakan bahwa tantangan yang dialami Google saat menghadirkan Google Penelusuran Suara dalam Bahasa Indonesia adalah istilah kata bahasa Indonesia yang mengalami Homonim, Homograf, dan Homofon. Memerlukan pengumpulan data suara yang cukup lama dalam menerjemahkan ucapan pengguna Indonesia, yang kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan. Namun tantangan tersebut bukanlah sebuah kendala, sehingga pada akhirnya Google dapat menghadirkan Google Penelusuran Suara dalam versi Bahasa Indonesia. Henky juga memberikan demo secara langsung dengan mengucapkan kata atau kalimat umum dan tidak umum. Bahkan Henky juga mengucapkan serentetan nyanyian yang langsung diterjemahkan Google dan menampilkan hasilnya pada pada layar ponsel.

CHIP Online - Google Voice Search dalam Bahasa Indonesia

Derek Callow selaku Head of Marketing, Google Southeast Asia juga memberikan penjelasan dan demonstrasi secara langsung melalui ponsel pintarnya mengenai Google Penelusuran Suara dalam Bahasa Indonesia. Derek mengucapkan berbagai kata atau kalimat yang mengarah pada sebuah makanan atau tempat wisata, dan secara langsung Google dapat memperlihatkan hasil sesuai dengan apa yang diucapkannya. Bahkan tersedia juga link lokasi yang dapat dipilih yang akan memandu pengguna melalui Google Maps Indonesia.

CHIP Online - Google Voice Search dalam Bahasa Indonesia

Google Penelusuran Suara dalam Bahasa Indonesia merupakan hasil kerjasama dengan orang-orang yang berbicara bahasa tertentu untuk mengumpulkan contoh suara sebagai model yang mendukung layanan ini. Berbagai suku dengan dialek dan lafal yang berbeda-beda di Indonesia menjadikan sebuah kesatuan yang digabungkan Google dalam menerjemahkan bahasa lisan menjadi bahasa tulisan. Google juga bekerjasama dengan para sukarelawan yang terdiri dari para pelajar di Jakarta untuk mengumpulkan contoh suara, bekerja bahu-membahu dengan anggota tim di seluruh dunia guna membangun model suara Indonesia.

Google Penelusuran Suara atau Google Voice Searh tersedia untuk Android 2.1, 2.2, dan 2.3, iPhone, dan BlackBerry. Pengguna dapat mengaksesnya melalui m.google.co.id/voicesearch.

Berita Terkait : Kemudahan Penggunaan Google Voice Search versi Bahasa Indonesia


You may also like:

Canon Photo Marathon Indonesia, Ajang Fotografi Terbesar di Asia Kembali Digelar

Yahoo Aviate Kini Tersedia dalam Bahasa Indonesia

Google Street View Akhirnya Tampilkan Indonesia

Akhir Agustus, OPPO N1 mini Hadir di Indonesia
comments powered by Disqus
Publication
© 2012-2013 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy