You are Here : Home > News > General
07 July 2012 | 1731 view(s)
Teknologi Garis Gawang Segera Digunakan

Penulis : Chip Team

hawk-eye-goal-line-technology

CHIP.co.id - Bagi penggemar sepak bola, tentu tidak akan lupa kejadian "gol hantu" yang terjadi saat pertandingan antara Inggris vs Ukraina pada Euro 2012 yang lalu, bukan? Meskipun saat itu telah menggunakan wasit tambahan yang berdiri di dekat gawang, tendangan dari pemain Ukraina, Marko Devic, yang telah melewati garis gawang dianggap tidak gol oleh wasit. Pertandinganpun berakhir 1-0 untuk kemenangan Inggris yang telah mencetak gol terlebih dahulu melalui sundulan Wayne Rooney.

Untuk itulah International Football Association Board (IFAB) melakukan rapat khusus yang dipimpin oleh Sepp Blater, Presiden FIFA, mengenai kemungkinan menggunakan teknologi garis gawang dalam sebuah pertandingan sepak bola (5/7). Dengan suara bulat, IFAB memutuskan untuk menyetujui penggunaan kedua teknologi garis gawang ini, dengan catatan, harus dilakukan  tes instalasi akhir pada tiap stadion sepak bola sebelum digunakan dalam sebuah pertandingan sepak bola. Ada dua pilihan teknologi yang telah disetujui, yaitu Hawk-Eye dan GoalRef.

Sistem Hawk-Eye bekerja dengan menempatkan enam buah kamera dengan fokus untuk melacak pergerakan bola di lapangan. Software dari Hawk-Eye kemudian melakukan "triangulasi" untuk menentukan lokasi yang tepat dari sebuah bola. Apabila bola telah melewati garis gawang, Hawk-Eye akan mengirim sinyal radio yang dienkripsi ke jam tangan wasit.

Kemudian, sistem GoalRef menggunakan sebuah microchip yang ditanam di dalam bola dan menggunakan gelombang magnetik rendah di sekitar gawang. Sistem kemudian mendeteksi setiap perubahan dalam medan magnet pada gawang untuk menentukan apakah telah terjadi gol. Proses ini memakan waktu sekitar satu detik, yang kemudian dikirim pada wasit.

Teknologi garis gawang ini, akan digunakan pertama kali di Fifa Club World Cup yang diselenggarakan di Jepang pada bulan Desember nanti. Liga Primer Inggris, sebagai salah satu liga sepak bola papan atas di dunia, disebut-sebut akan menggunakan teknologi garis gawang ini pada musim kompetisi 2012/2013.


Editor : Administrator

You may also like:

FIFA 15 Sudah Bisa Dipesan untuk Xbox One Sekarang

Infografis Kilas Balik dan Perkiraan Pertumbuhan Teknologi Mobile Piala Dunia

Teknologi Garis Gawang Siap Dipakai di Brasil

Tips: Cara Cepat Memasukkan Jadwal Turnamen Piala Dunia dalam Google Calendar
comments powered by Disqus
Publication
© 2012-2013 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy