You are Here : Home > News > General
07 February 2012 | 12873 view(s)
Overclocking: Gali Kemampuan Graphics Card Anda!

Penulis : Chip Team

Overclocking-GPU

CHIP.co.id - Bermain game baru tidak berarti harus membeli graphics card yang baru. Bagaimana caranya? Simak artikel berikut ini!

CHIP pernah membahas berbagai optimalisasi overclocking baik untuk platform AMD maupun Intel, lalu bagian apalagi yang dapat kita optimalisasikan melalui overclocking? Setelah prosesor dan memori, bagian lainnya yang dapat kita optimalisasi adalah graphics card. Lalu, apakah tujuan optimalisasi graphics card? Bukankah itu suatu hal yang berbahaya yang dapat mengakibatkan kerusakan pada graphics card?

Kembali lagi, pada dasarnya jika kita mengetahui dengan benar cara-cara dan penanganannya, kita dapat meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. CHIP hanya akan memberikan panduan sebatas safe overclocking tanpa voltage tweaking dan hard modding yang tentunya masih dalam batas aman untuk diaplikasikan dalam pemakaian sehari-hari. Tujuan dari optimalisasi graphics card adalah untuk mendapatkan kemampuan maksimal sebuah graphics card sehingga dapat menampilkan gambar de­ngan FPS yang lebih baik tanpa perlu menggantinya dengan graphics card baru. Tentu saja hal ini akan menghemat pe­ngeluaran Anda.

Melakukan optimalisasi pada graphics card (overclock) lebih mudah dibandingkan melalukan overclocking pada CPU. Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk overclocking graphics card. Cara yang pertama adalah cara yang paling umum dan paling mudah untuk diaplikasikan, yaitu melalui software pada Windows. Saat ini, berbagai software bawaan dari berbagai produsen graphics card dapat digunakan untuk meng-overclock graphics card, seperti MSI Afterburner, EVGA Precision Tweaker, GIGABYTE OCGuru, dan berbagai software lain yang dapat digunakan untuk melakukan overclocking pada graphics card. Cara seperti ini bersifat sementara dan kita dapat de­ngan mudah untuk me-reset untuk me­ngembalikan setting seperti awalnya.

Cara yang kedua adalah melaui flash BIOS pada graphics card. Cara kedua ini adalah cara yang sedikit rumit dan me­laui berbagai tahapan. Mengapa demikian? Karena mengakses BIOS pada graphics card tidak semudah mengakses BIOS pada motherboard yang digunakan untuk overclocking CPU.  Cara yang kedua ini bersifat permanen karena BIOS pada graphics card akan berubah dan akan tetap seperti itu. Untuk mengembalikannya, kita tinggal melakukan flash BIOS ulang dengan BIOS aslinya, sehingga konfigurasinya akan kembali ke kondisi awal.

Pada artikel ini, CHIP akan membahas langkah-langkah melakukan overclock graphics card melalui software pada Windows.

Persiapan dan tes kestabilan

Apa saja yang perlu dipersiapkan dan dilakukan sebelum melakukan overclocking pada graphics card dan software apa yang digunakan untuk menguji kestabilan sebuah graphics card?

Overclocking-GPU

Sama seperti pada CPU, sebelum melakukan overclocking, ada baiknya untuk menguji kestabilan sistem dan juga kestabilan graphics card itu sendiri untuk  menghindari hal-hal buruk yang mungkin terjadi. Hal yang pertama yang harus diperhatikan adalah pastikan komputer Anda dalam kondisi stabil (apabila Anda meng-overclock CPU Anda), dengan melakukan pengujian kestabilan seperti Prime95, OCCT, Intel Burn Test, dan lain sebagainya. Setelah memastikan sistem berjalan dalam kondisi stabil, langkah selanjutnya adalah memastikan graphics card Anda  dalam kondisi yang sehat dan stabil. Caranya adalah dengan melakukan pengujian melalui software benchmark test (3D Mark Vantage, 3DMark 11, FurMark, dan lain sebagainya). Ciri-ciri sebuah graphics card yang tidak dalam kondisi yang stabil adalah terjadinya artifacts pada gambar.

Overclocking-GPU

Di halaman selanjutnya, akan dijelaskan tentang langkah-langkah meng-overclock graphics card Anda.


You may also like:

Babak Kualifikasi HyperX OC Takeover Timur Jauh Sudah di Mulai

Cetak Angka Overclocking di 4500MHz, HyperX Raih Rekor Dunia

Ngobrol Anggota Forum CHIP: Overclocking Bisa Menghemat Biaya Gaming

Kantor Pusat GIGABYTE Layaknya Sebuah Pameran Komputer
comments powered by Disqus
Publication
© 2012-2013 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy