09 April 2013 | 67670 view(s)
Hasil Uji Kamera 7 Smartphone Premium

Penulis : Bambang Kartika H

 

Inilah hasil jepretan kamera smartphone-smartphone canggih tersebut.

1. Detail

(Searah jarum jam) Hasil foto BlackBerry Z10, HTC Butterfly, iPhone 5, Nokia Lumia 920, Sony Xperia Z, LG Optimus G, dan Samsung Galaxy Note 2

BlackBerry Z10: Seperti bisa dilihat, hasil gambar dari BlackBerry Z10 ini tampak dramatis. Detail-detailnya juga cukup terlihat meskipun tak kelihatan semuanya. Terlihat sedikit warna kekuningan, tetapi hal tersebut dikarenakan sorot lampu yang berada di atas objek foto.

Nilai: 4,5/5

HTC Butterfly: Hasil jepretan Butterfly terlihat sedikit pucat. Terlihat sedikit over, padahal pencahayaan dan sudut pengambilannya hampir sama dengan yang CHIP lakukan di BlackBerry Z10.

Nilai: 3/5

iPhone 5: Pencahayaannya terlihat cukup pas. Selain itu, detail yang ada di bagian atas wajah patung tersebut jadi terlihat cukup jelas.

Nilai: 4/5

Nokia Lumia 920: Lihat hasil fotonya, datar dan tampak tak detail. Sensor OIS yang dimiliki Lumia 920 sepertinya tak banyak menolong di uji kamera kategori pertama ini.

Nilai: 2,5/5

Samsung Galaxy Note 2: Gambarnya cukup alami, padahal saat dilihat di layar Note 2 gambar tak cukup baik. Sedikit over, tetapi masih amat nyaman untuk dilihat.

Nilai: 3,5/5

LG Optimus G: Terlihat kemerahan dan sedikit over. Sepertinya kamera 13 mekapikselnya tak banyak menolong Optimus G untuk memenangi kategori pertama ini.

Nilai: 3/5

Sony Xperia Z: Hasil gambarnya telihat sedikit pucat. Sebetulnya hasilnya bagus, tetapi terlihat sedikit aneh di layar PC CHIP.

Nilai: 3/5

Juara: BlackBerry Z10


2. Model

(Searah jarum jam) Hasil foto BlackBerry Z10, HTC Butterfly, iPhone 5, Nokia Lumia 920, Sony Xperia Z, LG Optimus G, dan Samsung Galaxy Note 2

BlackBerry Z10: Untuk hasil gambar smartphone yang baru diluncurkan awal tahun 2013 ini, CHIP cukup puas dengan hasilnya. Detail wajahnya cukup terlihat, selain itu perbedaan warna rambut model kami tampak cukup jelas.

Nilai: 4/5

HTC Butterfly: Sayangnya gambar yang dihasilkan smartphone besutan pabrikan Taiwan ini terlihat seperti kekurangan piksel. Padahal kami tak mengubah pengaturannya sama sekali. Meskipun begitu, hasilnya cukup baik dan terlihat detail.

Nilai: 3/5

iPhone 5: Terlihat kemerahan. Ya, hasil gambar iPhone 5 seperti sebuah kamera yang salah pengaturan White Balance-nya. Sisi baiknya, detail gambarnya masih amat terjaga.

Nilai: 3/5

Nokia Lumia 920: Sempurna adalah kata yang dapat disematkan pada hasil jepretan smartphone dari Nokia ini. Komposisi dan detailnya amat pas.

Nilai: 5/5

Samsung Galaxy Note 2: Amat sangat over. Itulah yang dapat CHIP ucapkan saat melihat hasil jepretan Note 2 baik di layar smartphone dan PC. Entah apa yang dapat dibanggakan dari haril foto Note 2 pada kategori ini.

Nilai: 1/5

LG Optimus G: Terlihat sedikit over, tetapi untungnya masih terjaga komposisi warnanya meskipun sedikit kemerahan. Secara keseluruhan, foto ini masih cukup nyaman untuk dipandang.

Nilai: 2,5/5

Sony Xperia Z: Sama seperti Note 2, hasil jepretan Xperia Z amat over. Detail wajah model terlihat tak jelas dan tak memiliki kedalaman warna yang baik.

Nilai: 2,5/5

Juara: Nokia Lumia 920


3. Outdoor

BlackBerry Z10

Hasil gambarnya terlihat amat datar. Namun, kabar baiknya adalah kamera di Z10 masih dapat menjaga kualitas hasilnya. Meskipun begitu, ada kekurangan dari detail awan yang tak terlalu tampak.

Nilai: 3/5

HTC Butterfly

Komposisi warnanya cukup baik, dan sayangnya agak kemerahan sedikit. Meskipun begitu, detail dari gambar ini amat terlihat cukup baik.

Nilai: 3/5

iPhone 5

Komposisi warnanya terlihat baik. Detailnya juga amat baik. iPhone 5 sudah diperbaiki kinerjanya sehingga dapat menghasilkan gambar yang baik.

Nilai: 3/5

Nokia Lumia 920

Komposisi warnanya amat nyaman di mata. Selain itu, hasil gambarnya terlihat jelas dan detail. Salah satu yang terbaik di kategori ini.

Nilai: 4,5/5

Samsung Galaxy Note 2

Kamera milik Note 2 amat over. Sepertinya karena kalah dengan cahaya langit. Detailnya jadi tak terlalu tampak. Buruk.

Nilai: 1,5/5

LG Optimus G

Sedikit over meskipun gambar masih cukup jelas. Namun, secara keseluruhan hasil gambarnya cukup baik.

Nilai: 3/5

Sony Xperia Z

Hasil gambarnya sedikit mirip dengan HTC Butterfly, nyaman dan enak dipandang baik di layar smartphone maupun PC.

Nilai: 3/5

Kesimpulan

(Searah jarum jam) Hasil foto BlackBerry Z10, HTC Butterfly, LG Optimus G, Samsung Galaxy Note 2, Sony Xperia Z, Nokia Lumia 920, dan iPhone 5

Juara: Nokia Lumia 920


4. Indoor

BlackBerry Z10

Jika dilihat dalam skala kecil, kualitas gambar yang dihasilkan Z10 terlihat cukup baik, namun ketika diperjelas, selain kurang cahaya, dalam keadaan ini, Z10 tidak dapat mengambil detail gambar dengan baik. Meskipun begitu, warna yang dihasilkan tetap baik, tidak berubah.

Nilai: 3/5

HTC Butterfly

Hasil dari kamera HTC dengan kondisi seperti ini kurang memuaskan. Detail gambar tidak begitu jelas. Meskipun gambar terlihat terang di dalam ruangan, namun sepertinya secara otomatis ISO dinaikan terlalu tinggi, sehingga banyak noise pada hasil foto.

Nilai: 3,5/5

iPhone 5

Meskipun iPhone 5 paling kecil dibanding yang lain, namun hasil kameranya kali ini sungguh memuaskan. Warna yang dihasilkan sangat jernih, sesuai dengan apa adanya, detail gambar jelas, cahaya tidak kekurangan, juga tidak berlebihan.

Nilai: 5/5

Nokia Lumia 920

Detail dari hasil foto yang dihasilkan kamera Lumia cukup baik, namun sayangnya cahaya yang ditangkap kamera terlalu banyak, sehingga gambar menjadi buram dan warnanya tidak jernih. Warna biru pada becak pun menjadi warna abu-abu. Ketika diperjelas noise-nya terlihat.

Nilai: 3,5/5

Samsung Galaxy Note 2

Hasil foto dari kamera Galaxy Note II cukup baik. Warna biru dari objek becak terlihat jelas, cahaya yang masuk juga tidak terlalu banyak, sehingga gambar tidak buram. Detail foto cukup jelas terlihat dan sedikit noise.

Nilai: 4/5

LG Optimus G

Hasil foto kamera LG cukup baik, detailnya cukup terlihat, warna gambar juga tidak berubah, namun sayangnya hasil foto kekurangan cahaya. Ketika diperjelas, noise yang dihasilkan sedikit.

Nilai: 3,5/5

Sony Xperia Z

Kali ini, kamera 13 megapiksel dari Sony mengecewakan. Dalam situasi seperti ini, Sony tidak bisa menangkap detail objek, cahaya yang masuk ke dalam kamera terlalu banyak, sehingga gambar terlihat buram. Ketika diperjelas pun, banyak noise yang terlihat.

Nilai: 2/5

Kesimpulan

(Searah jarum jam) Hasil foto BlackBerry Z10, HTC Butterfly, LG Optimus G, Samsung Galaxy Note 2, Sony Xperia Z, Nokia Lumia 920, dan iPhone 5

Juara: iPhone 5


5. Indoor + Flash

BlackBerry Z10

Ketika flash diaktifkan, BlackBerry dapat meningkatkan kualitas hasil fotonya. Cahaya tidak terlalu banyak dan tidak kurang, warna yang dihasilkan cukup jernih, dan tidak buram.

Nilai: 4/5

HTC Butterfly

Dalam situasi seperti ini, HTC tidak dapat mengambil gambar dengan maksimal. Hasil dengan menggunakan flash tidak jauh berbeda dengan tidak menggunakan flash, meskipun lebih baik. Gambar yang dihasilkan buram, cahaya yang masuk terlalu banyak, noise tinggi serta warna yang tidak jernih.

Nilai: 3/5

iPhone 5

Gambar yang dihasilkan kamera iPhone 5 cukup baik, hanya sedikit kelebihan cahaya karena flash. Tanpa flash kamera, iPhone 5 dapat mengambil gambar yang lebih baik dalam situasi seperti ini. Warna yang dihasilkan cukup jernih, noise sedikit dan detail juga cukup jelas terlihat pada hasil gambar.

Nilai: 4/5

Nokia Lumia 920

Hasil kamera Lumia dengan menggunakan flash menjadi lebih baik. Foto tidak buram, cahaya hanya sedikit terlalu banyak. Detail gambar terlihat cukup jelas, warna pada hasil foto juga jernih. Dalam situasi seperti ini, Lumia 920 lebih maksimal dengan menggunakan flash-nya.

Nilai: 3,5/5

Samsung Galaxy Note 2

Warna yang dihasilkan Note cukup jernih, dan apa adanya. Detail gambar terlihat cukup jelas. Cahaya yang masuk tidak terlalu banyak sehingga gambar tidak buram, meskipun ketika diperjelas terdapat sedikit noise.

Nilai: 4/5

LG Optimus G

Menggunakan flash ternyata membuat hasil foto dari LG kelebihan cahaya, gambar menjadi buram dan terlalu terang. Noise yang ditangkapun banyak dan warna tidak jernih. Kamera 13 megapiksel LG belum bisa mereduksi cahaya yang masuk, sehingga kualitas gambarnya menjadi tidak maksimal.

Nilai: 3/5

Sony Xperia Z

Tidak ada perubahan yang berarti dengan tambahan flash dari Xperia Z. Kualitas foto yang dihasilkan tidak memuaskan dengan kamera 13 megapikselnya. Terlalu banyak cahaya yang tertangkap kamera, sehingga hasil foto menjadi buram, warna tidak jernih dan detail tidak terlihat jelas.

Nilai: 2,5/5

Kesimpulan

(Searah jarum jam) Hasil foto BlackBerry Z10, HTC Butterfly, LG Optimus G, Samsung Galaxy Note 2, Sony Xperia Z, Nokia Lumia 920, dan iPhone 5

Juara: BlackBerry Z10


6. Low Light

(Searah jarum jam) Hasil foto BlackBerry Z10, HTC Butterfly, iPhone 5, LG Optimus G, Sony Xperia Z, Samsung Galaxy Note 2,dan Nokia Lumia 920

BlackBerry Z10: Dalam keadaan low light tanpa flash, BlackBerry Z10 menghasilkan gambar yang kurang jelas, gelap, dan tidak detail, fokus juga sulit dilakukan karena kurangnya cahaya, namun tetap menunjukkan warna asli objek.

Nilai: 3/5

HTC Butterfly: Gambar yang dihasilkan HTC cukup terang. Kamera HTC secara otomatis menambahkan intensitas cahaya saat low light, objek yang diambil juga cukup jelas dan detail. Kekurangannya ada pada warna hasil foto yang terlalu kemerahan.

Nilai: 3/5

iPhone 5: Sepertinya iPhone sudah sangat berkembang dalam hal kamera. Meskipun kurang cahaya seperti yang lain, hasil foto iPhone 5 ini sangat baik, detail, dan warna objek yang dihasilkan tidak berubah namun sedikit terlalu terang. Terdapat sedikit noise ketika gambar diperjelas karena ISO yang dinaikan iPhone 5 secara otomatis.

Nilai: 4/5

Nokia Lumia 920: Ciri khas kamera Lumia, dalam keadaan low light, meskipun kita tidak menyalakan flash, flash-nya akan tetap menyala untuk mencari fokus. Hasilnya, dalam keadaan low light, hasil foto jelas, cukup terang dan detail, meskipun ada sedikit perubahan warna yang agak kemerahan.

Nilai: 4/5

Samsung Galaxy Note 2: Hasil kamera Galaxy Note II cukup mengecewakan dalam keadaan low light. Foto yang dihasilkan gelap, ketika diperjelas banyak noise dan detail objek tidak jelas.

Nilai: 2/5

LG Optimus G: Hasil foto kamera 13 megapiksel LG dalam keadaan low light tidak cukup terang, namun ketika diperjelas, gambar cukup detail, dan tidak ada noise. Jika saja kamera LG dapat menaikan ISO-nya secara otomatis dalam keadaan low light, hasilnya akan jauh lebih baik.

Nilai: 3/5

Sony Xperia Z: Detail, cahaya cukup, sedikit noise dan warna alami adalah hasil dari kamera 13 megapiksel Sony Xperia. Ketika diperjelas pun detail gambar masih terlihat, tulisan di belakang patung juga terlihat, cahaya yang dihasilkan tidak kurang tidak berlebihan.

Nilai: 5/5

Juara: Sony Xperia Z


7. Low Light + Flash

(Searah jarum jam) Hasil foto BlackBerry Z10, HTC Butterfly, iPhone 5, Nokia Lumia 920, Sony Xperia Z, LG Optimus G, dan Samsung Galaxy Note 2

BlackBerry Z10: Hasil gambar kamera Z10 dengan flash cukup memuaskan, warna objek tidak berubah, hanya
saja cahayanya sedikit terlalu terang sehingga detail objek sedikit tertutup cahaya.

Nilai: 3,5/5

HTC Butterfly: Hasil gambar HTC Butterfly memiliki detail yang cukup jelas, cahaya yang dikeluarkan tidak berlebihan dan tidak menutupi detail gambar, hanya saja warna kemerahan dari HTC sedikit mengganggu.

Nilai: 4/5

iPhone 5: Hasil kamera iPhone 5 dengan flash cukup baik, detail gambar cukup terlihat jelas, meskipun tulisan di belakang tidak terlihat jelas, namun warna yang dihasilkan kamera cukup jernih, dan tidak berubah.

Nilai: 3.5/5

Nokia Lumia 920: Lumia 920 menghasilkan foto yang baik, dengan cahaya yang tidak berlebihan, dan warna yang tidak
terlalu jauh berbeda meskipun sedikit kemerahan namun masih dapat ditolerir. Detail objek terlihat jelas, meskipun ketika mengambil gambar flash menyala sangat terang.

Nilai: 4/5

Samsung Galaxy Note 2: Dalam keadaan low light tanpa flash, hasil kamera Galaxy Note 2 cukup mengecewakan, namun ketika menggunakan flash, gambar yang dihasilkan sangat baik, cahaya tidak terlalu terang dan tidak kurang, detail gambar jelas hingga tulisan di belakang patung terbaca, warna yang dihasilkan jernih dan sesuai dengan aslinya.

Nilai: 4,5/5

LG Optimus G: Hasil foto Optimus G cukup memukau, gambar dapat tertangkap sangat detail, hingga tulisan di belakang patung pun terbaca. Sayangnya warna yang dihasilkan menjadi agak kemerahan, tidak seperti objek sesungguhnya.

Nilai: 4/5

Sony Xperia Z: Selain warnanya yang agak kemerahan, detail objek berkurang banyak saat pengambilan gambar dengan Xperia Z. Cahaya yang diberikan terlalu banyak sehingga gambar menjadi kurang jernih dibandingkan dengan yang lain.

Nilai: 3/5

Juara: Samsung Galaxy Note 2


Kesimpulan

Berikut total poin yang diraih masing-masing smartphone yang diuji:

No. Smartphone Poin
1 Nokia Lumia 920 27
2 iPhone 5 26,5
3 Blackberry Z10 25
4 HTC Butterfly 22,5
5 LG Optimus G 22
6 Sony Xperia Z 21
7 Samsung Galaxy Note 2 20,5

Masing-masing smartphone memiliki kemampuan yang berbeda tergantung pada lokasi, cahaya, dan objek yang ditangkap. Pada uji kamera kali ini, Nokia Lumia 920 mendapatkan poin paling banyak, berbeda tipis dengan iPhone 5 dan BlackBerry Z10. Artinya, rata-rata pada kondisi yang kami uji, mereka mampu mengambil gambar dengan cukup baik. Dari hasil pengujian, ketiga smartphone tersebut cukup andal dalam mengatasi cahaya, sehingga baik di dalam ruangan maupun luar ruangan, kualitas kamera tetap terjaga. Hasil warna yang ditangkap pada kamera juga cukup jernih dan tidak jauh berbeda dengan objek sebenarnya.

Besar resolusi kamera tidak menentukan kualitas pada foto yang dihasilkan oleh kamera. Seperti halnya LG Optimus G dan Sony Xperia Z yang memiliki resolusi kamera 13 megapiksel kurang andal dalam mengendalikan cahaya yang masuk, sehingga terkadang berlebihan atau kekurangan.

HTC Butterfly memiliki kelebihan pada layarnya yang lebar (5 inci), sehingga bagus untuk mengambil gambar secara landscape, namun warna dari hasil kamera 8 megapikselnya terlihat agak terlalu kemerahan (warm). Samsung Galaxy Note 2 mendapat poin paling sedikit dalam uji ini, karena kami melihat kualitas gambar yang dihasilkan ternyata tidak maksimal. Saat pengambilan gambar, kamera Note 2 sangat sulit untuk stabil meskipun sudah mengaktifkan opsi anti-shake. Note 2 tidak dapat mengatur cahaya yang masuk jika cahaya tersebut dekat dengan kita (seperti contoh foto model), hasilnya akan over exposure.


Editor : Insaf Albert Tarigan

You may also like:

Uji Kamera 7 Smartphone Premium

Uji Kamera iPhone 5, BlackBerry Z10, Lumia 920, Xperia Z, HTC Butterfly, dan LG Optimus G

Windows Phone 8 Akan Dukung Penggunaan Radio FM

Uji Kamera Galaxy S III, iPhone 5, Lumia 920, Nexus 4, dan BB Z10, Siapa Juara?
comments powered by Disqus
Publication
© 2012-2013 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy