You are Here : Home > News > Events & Community
25 November 2014 | 6758 view(s)
Majukan Negeri, Indonesia Masih Butuh 4,8 Juta Wirausahawan

Penulis : Eka Santhika

CHIP.co.id - Meski sepertinya kewirausahaan bidang teknologi di Indonesia sedang bergeliat, ternyata Indonesia masih membutuhkan tambahan 4,8juta wirausahawan lagi. Angka sebesar ini diperlukan untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang nyata. Pertumbuhan ekonomi yang ditopang oleh produksi bukan konsumsi. Saat ini, jumlah wirausahawan di Indonesia baru 1,5% dari total penduduk.  Padahal, menurut ahli sosiologi David McClelland, idealnya sebuah negara setidaknya membutuhkan 2% wirausahawan dari total penduduk. Untuk ukuran penduduk Indonesia, berarti perlu 50juta wirausahawan.

Minat wirausaha di Indonesia bukannya tak ada. Ketertarikan berwirausaha ada,namun hanya sedikit yang mewujudkannya. Dari total yang mewujudkan mimpi wirausahanya itu pun hanya sedikit yang mampu menjadikan bisnisnya punya skala lebih besar. Berdasarkan data dari Global Entrepreneurship Monitor Study tahun lalu, seperempat (25,5%) dari jumlah penduduk dewasa di Indonesia sudah terlibat dengan kegiatan wirausaha. Seperlimanya (21,2%) sudah menjalankan bisnis sendiri. Sayangnya, dari total orang yang berusaha menjalankan bisnis sendiri ini tak banyak yang berhasil mengembangkannya menjadi bisnis kelas menengah atau skala besar. Alasannya,kurangnya inovasi dan kreativitas dalam mengembangkan bisnisnya.  

Hal inilah yang menggerakkan dibuatnya Global Entrepreneurship Week (GEW) di Indonesia. Ini adalah seminar yang ingin membagikan semangat wirausaha yang inovatif. Sebab, masih dari hasil survey yang sama, meskipun 47% orang dewasa di Indonesia melihat adanya kesempatan yabg baik untuk memulai bisnis, namun hanya sekitar sepertiga dari mereka yang benar-benar melakukan peluang bisnis tersebut. Sisanya (35% dari total responden) memilih untuk menahan diri karen takut gagal.

Oleh karena itu, Ciputra Foundation merasa perlu adanya kerjasama untuk menumbuhkan ekosistem wirausaha di Indonesia. Diharapkan GEW ini dapat mempersatukan pemerintah, akademisi, pebisnis, dan organisasi sosial, untuk mendukung ekosistem wirausaha itu. Bertempat di Ciputra Artpreuneur Theater, Ciputra World 1, Jakarta, GEW mengundang pembicara Internasional untuk berbagi semangat dan pengalaman berwirausaha. Acara ini merupakan kolaborasi Ciputra Entrepreneur Foundation, Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI), Endeavor Indonesia, StartupLokal, Sinar Foundation, KKMK, Pukat, Perantas, dan Freelancer.com.


Editor : Kama Adritya

comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy