You are Here : Home > News > Corporate Press Release
03 January 2013 | 6937 view(s)
SAP Business One Tingkatkan Efisiensi Proses Bisnis di Utama Paint Center

Penulis : Bambang Kartika H

CHIP.co.id - SAP Indonesia mengumumkan bahwa SAP Business One, solusi Enterprise Resource Planning (ERP) yang dirancang khusus untuk perusahaan kecil menengah telah berhasil diterapkan di Utama Paint Center, sebuah perusahaan lokal yang bergerak di bidang penjualan cat  di Jawa Tengah. Penerapan SAP Business One untuk lima pengguna ini dilakukan oleh mitra lokal SAP PT. Anugrah Visi Inti Teknologi (Visi-Intech IT Consulting) , memakan waktu 3 bulan dan mencakup modul Finance-Accounting, Purchasing, Sales & Inventory.

Sebelum menerapkan SAP Business One, perusahaan yang bergerak di bidang cat ini hanya menerapkan sistem manejemen secara manual sehingga muncul berbagai permasalahan dalam proses bisnis mereka. Diungkapkan Irene Kurniawan dan Indramawan Kurniawan, pendiri dari Utama Paint Center : “Dulu, masalah yang kami hadapi adalah dalam hal proses manejemen perusahaan, seperti banyaknya human error, laporan data penjualan dan pembelian yang tidak jelas, rekam jejak penjualan dan pembelian yang acak-acakan.”

Manajemen lalu memutuskan bahwa kini saatnya untuk menerapkan solusi ERP. Namun, dalam pencarian mereka ditemukan beberapa kendala. Setelah mencoba solusi ERP lain, perusahaan masih menemui berbagai kesulitan dalam prosesnya. “Ketika kami mencoba dengan solusi ERP lain, kami butuh nota terlebih dulu baru mendapatkan surat jalan”. Vendor IT System lain tidak bisa menjawab hal tersebut, tetapi SAP bisa memberikan solusinya. Sehingga, kami merasa cocok untuk menggunakan SAP Business One ini karena dapat memenuhi kebutuhan kami,” dijelaskan Indra. Solusi SAP Business One mampu memberikan sejumlah manfaat pada perusahaan yang memiliki 20 karyawan ini, yang terutama adalah mengintegrasikan proses bisnis perusahaan termasuk manejemen keuangan, gudang, penjualan, pembelian, dan pelaporan.

“Manfaat yang paling dirasa dari penerapan SAP Business One ini adalah sistem perusahaan kami yang menjadi lebih terintegrasi, sehingga perusahaan kami lebih mudah terkoneksi dengan semua data, kemudian lebih mudah dalam mengontrol dan memonitor masing-masing departemen secara realtime.”

Selain itu, SAP Business One memungkinkan Utama Paint Center membuat laporan keuangan yang lebih cepat dan akurat serta mudah diakses. Hal ini akan mendukung perusahaan untuk menyediakan pilihan produk cat yang lengkap dengan harga yang lebih bersaing dan pelayanan yang lebih baik kepada setiap konsumennya.

“Dengan solusi ini, perusahaan juga merasakan manfaat efisiensi, seperti faktur bisa dicetak langsung, persediaan barang bisa dimonitor secara realtime, laporan keuangan bisa dilihat setiap saat, penerimaan barang juga tidak ada kesalahan. Bahkan yang terpenting, di bagian keuangan, dulu pembukuan tidak jelas, sekarang sudah bisa dipantau dan dimonitor,” ujar mereka.

Menurut mereka, PT. Anugrah Visi Inti Teknologi (Visi-Intech) sebagai mitra lokal SAP dinilai lebih menguasai produk SAP Business One dibandingkan yang lain, selain itu support Visi-Intech juga membantu dalam memberikan solusi dan masukan yang lebih tepat bagi Utama Paint Center baik saat proses implementasi maupun setelah implementasi.

Utama Paint Center berharap untuk kedepannya dapat mengimplementasikan solusi SAP ini ke cabang-cabang perusahaan mereka lainnya dan membawa mereka lebih dekat ke visi perusahaan untuk menjadi perusahaan cat terbesar di Jawa Tengah dan nantinya di Indonesia.


Editor : Insaf Albert Tarigan

comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy